Foto: Rektor Unud saat penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) bersama President Pukyong National University bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (11/07/2022).

Jimbaran (Metrobali.com)-

Universitas Udayana dan Pukyong National University Korea memperpanjang kerjasama kedua belah pihak yang ditandai penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Rektor Unud dan President Pukyong National University bertempat di Ruang Nusa Gedung Rektorat Kampus Jimbaran, Senin (11/07/2022). Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Informasi, Koordinator KUI, Jubir Rektor Unud, dan Dekan FKP beserta jajaran. Sementara dari Pukyong National University turut hadir yakni Dean of Student Affairs, Vice Dean of Industry-University Cooperation Foundation, Chairman dan Program Professor of KOICA-PKNU Master’s Degree Program.

Rektor Unud Prof. Dr.Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan kerjasama dengan mitra luar negeri bagi Universitas Udayana merupakan salah satu elemen penting dan juga menjadi nilai tambah bagi akreditasi institusi, oleh karena itu kami melakukan berbagai upaya dan mendorong fakultas di Universitas Udayana untuk mencari lebih banyak peluang untuk membangun link dalam mencari kerjasama dengan universitas luar negeri untuk mendapatkan lebih banyak manfaat baik di bidang akademik, pertukaran, dan penelitian, dan salah satunya dengan Universitas Pukyong di Korea. Seperti diketahui bahwa hubungan antara Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana dengan Universitas Nasional Pukyong dimulai pada tahun 2017.

Pihaknya juga bersyukur dua alumni dari Fakultas Kelautan dan Perikanan Unud diterima untuk melanjutkan program magister ilmu kelautan di Pukyong National University. Berbagai kerjasama yang dilakukan telah membawa banyak manfaat, khususnya bagi para dosen di Fakultas Kelautan dan Perikanan. Rektor berharap program-program lain juga dapat dilaksanakan pada periode-periode berikutnya, tidak hanya dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan tetapi juga dapat dikembangkan dengan fakultas-fakultas lain yang terkait di kedua belah pihak.

Baca Juga :
Peradi Denpasar Dukung Vaksinasi Covid-19, Ratusan Advokat Ikuti Vaksinasi Massal

Sementara President Pukyong National University Dr. Young-Soo JANG mengatakan Pukyong National University dan Unud telah lama menjalin kerjasama dan pihaknya ingin membuka peluang kerjasama baru terutama terkait industri perikanan. Diharapkan juga ada kolaborasi lainnya untuk dapat memperkuat kerjasama kedua institusi mengingat Unud salah satu universitas terbaik begitu juga Pukyong adalah salah satu universitas terbaik di Korea dan memberi manfaat di masa depan. Kerjasama kedua belah pihak dapat diimplementasikan pada berbagai program seperti post doctoral, exchange program, dan yang lainnya. (rls)

Sumber: https://www.unud.ac.id/