Foto: Acara pembukaan asesmen berlangsung di Ruang Pertemuan dr. A.A Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar, Senin (1/8/2022).

Denpasar (Metrobali.com)-

Program Studi Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (FK Unud) dikunjungi Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dalam rangka asesmen lapangan akreditasi, 1-2 Agustus 2022. Acara pembukaan asesmen berlangsung di Ruang Pertemuan dr. A.A Made Djelantik FK Unud Kampus Sudirman Denpasar, Senin (1/8/2022). Turut hadir yakni Rektor Unud, Ketua LP3M, Sekretaris LPPM, Kepala UPT Perpustakaan, Ketua USDI, Dekan dan Wakil Dekan serta Ketua Senat FK, Guru Besar, Para Koorprodi dan Ketua Departemen, Pimpinan RS Jejaring, Pimpinan unit terkait, dosen, mahasiswa dan alumni serta undangan lainnya.

Sementara Tim Asesor yang hadir yakni Dr. dr. Rizal Chaidir, Sp.OT(K), M.Kes (MMR), MH.Kes (Universitas Padjajaran) dan dr. Istan Irmansyah Irsan, Sp.OT(K) (Universitas Brawijaya).

Dekan FK Unud Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes dalam sambutannya menyampaikan dalam kurun waktu 14 tahun Prodi telah menghasilkan banyak lulusan yang telah mengabdikan ilmunya dan sudah diterima masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya. Tuntutan kedepan akan selalu berubah dan kita harus menjamin proses di Prodi sudah berjalan sesuai kaidah dimana sistem penjaminan mutu memiliki peranan penting. Penjaminan mutu internal sudah berjalan, namun juga dibutuhkan sistem penjaminan mutu eksternal untuk melihat celah-celah yang ada diluar sudut pandang kita dalam memperbaiki agar kedepan lebih baik lagi dan menghasilkan lulusan yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan tuntutan global. Tim Asesor diharapkan menelisik sedetailnya dan mudah-mudahan sesuai dengan yang ada dilapangan. Diharapkan juga masukan sebanyak-banyaknya untuk melakukan perbaikan secara berkesinambungan. Melalui kesempatan tersebut Dekan juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan besar harapannya acara berjalan lancar dan memperoleh hasil sesuai harapan bersama.

Baca Juga :
Sekolah di Masa Pandemi? Ananta Widya Business School , The First Leading Business School in Bali

Rektor Unud Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan hampir tiga tahun proses akreditasi berjalan secara daring dan kali ini bisa tatap muka dan diharapkan berjalan lancar. Lebih lanjut Rektor menyampaikan beberapa hal terkait kegiatan ini dan keberadaan Unud yang berumur 60 tahun. Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas kebanggaan dan unggulan di Unud, di FK sendiri ada 33 Prodi dan kami juga akan membuka Prodi lainnya yang dibutuhkan masyarakat seperti Prodi Bedah thorax dan gizi medis serta Sp2 Penyakit Dalam sesuai yang dibutuhkan masyarakat.  Dekan dan Tim sangat luar biasa dimana masa akreditasi Prodi yang ada hampir bersamaan, sehingga sangat padat sekali aktivitasnya dan yang paling menyenangkan akreditasi Prodi ada yang meraih unggul ada 7 Prodi dan diantaranya ada dari FK. Mudah-mudahan Prodi ini juga bisa meraih unggul, dimana yang sudah unggul akan ditingkatkan ke akreditasi internasional.

Rektor berterima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi bagi Prodi yang merupakan salah satu prodi yang penting yang harus dikembangkan kedepannya dan  Pimpinan Universitas siap mendukungnya. Status AIPT Unggul menjadi modal bergerak dalam melakukan perbaikan untuk menuju PTN BH dimana persiapan sudah mulai dilakukan salah satunya melalui pemberdayaan aset. Melalui kesempatan tersebut Rektor juga mengharapkan masukan dari Tim Asesor dan Civitas Akademika yang hadir untuk pengembangan Prodi kedepan.

Sementara perwakilan Asesor Dr. dr. Rizal Chaidir, Sp.OT (K), M.Kes (MMR), MH.Kes dalam kesempatan tersebut menyampaikan pihaknya berdua hadir untuk melakukan tugas dari LAM-PTKes untuk memotret apa yang telah dilakukan Prodi dalam kiprahnya sebagai pusat belajar dan mengajar. Melihat yang telah dilaksanakan menjadi kemudahan bagi pihaknya untuk melakukan pemotretan. Perwakilan Asesor juga mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari pihak Unud. (rls)

Baca Juga :
Pasutri Bomber Gereja di Jolo Berangkat ke Filipina Akhir 2018

Sumber: https://www.unud.ac.id/