Klungkung (Metrobali.com)-

Pemkab Klungkung terus melakukan langkah-langkah preventif guna mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing. Hal tersebut terlihat ketika Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta memantau pelaksanaan percepatan Vaksin PMK dosis kedua di Subak Delod Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Selasa (19/7). Turut hadir mendampingi Bupati, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung Ida Bagus Juanida, Kapolres Klungkung I Nengah Sudiarta.

Bupati Suwirta tidak henti-hentinya juga mengingatkan kepada pemilik ternak agar tidak menganggap remah PMK ini. Menurutnya sapi ini lebih mudah tertular, maka dari itu tolong ikuti anjuran dari pemerintah. Jika ada gejala pada sapi, segera laporkan kepada Perbekel maupun petugas. “Jadi jangan dianggap remeh penyakit PMK ini, mari bersama-sama ikuti segala anjuran dari pemerintah,” harap Bupati Suwirta kepada para pemilik ternak.

Selain itu, Bupati Suwirta juga mengatakan bahwa masyarakat sudah memaklumi dan menyadari langkah-langkah preventif ini yang dilakukan oleh pemerintah. Masyarakat pun begitu terlihat sangat antusias dan semangat ikut mendampingi tim petugas untuk melakukan vaksin. “Tetap semangat dilapangan agar nantinya tugas optimalisasi vaksin PMK ini segera selesai tepat waktu,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Juanida mengatakan pelaksanaan vaksin PMK dosis kedua ini sebanyak 3000 vaksin. Untuk di Subak Delod Banjarangkan ada 10 tempek dengan target 600 vaksin. Sistem kerja vaksin PMK ini langsung menyasar sapi-sapi masyarakat yang berada di jalur keramaian dekat baypass, peluang untuk tertular dinilai sangat luas disini. Maka dari itu, langkah percepatan vaksin ini dilakukan. Sementara untuk jumlah keseluruhan sapi di Kabupaten Klungkung saat ini mencapai 19000 ekor. Selain itu, juga dilakukan vaksin di Dusun Sarimerta, Desa Negari. “Mohon dukungan dari masyarakat agar nantinya target vaksin PMK dosis kedua ini bisa selesai dalam waktu satu minggu kedepan,” harapnya.

Baca Juga :
Ny Putri Koster: Fashion Show Hybrid Jadi Alternatif di Tengah Pandemi

 

Sumber : Humas Pemkab Klungkung