Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pemkot Denpasar ‘Ngaturang’ Bhakti Penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung

Metro Bali
single-image

Ket foto : Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Walikota IGN Jaya Negara, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede beserta jajaran Pemerintah Kota Denpasar saat ngaturang bhakti penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, Jumat (18/7)/MB

Denpasar, (Metrobali.com) –

Serangkaian Karya Pujawali di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, yang bertepetan dengan Purnama Kasa beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Denpasar melaksanakan Bhakti Penganyar bersama seluruh jajaran pada Jumat, (18/7).

Pelaksanaan Bhakti Penganyar dipimpin langsung Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara, bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede beserta seluruh jajaran Pemerintah Kota Denpasar.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny IA Selly Mantra serta perwakilan seluruh OPD dilingkungan Pemkot Denpasar. Tampak hadir pula Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra. Upacara pujawali ini, secara rutin dilaksanakan dan puncak piodalan bertepatan pada Purnama Kasa, Selasa (16/7)

Pelaksanaan Bhakti Penganyar Pemkot Denpasar diawali dengan persembahan Tari Wali dari Sekaa Gong dan Topeng Wahana Gurnita Denpasar dan Tari Rejang oleh PKK Br. Ujung, Kesiman. Selanjutnya, bersama seluruh OPD bersama pemedek dilanjutkan dengan ngaturang Bhakti Penganyar dipuput oleh Ida Pedanda Gede Mas Dwija Putra Grya Taman Sari Baturiti, Tabanan.

“Selalu memohon petunjuk ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara Bakti Penganyar serangkaian Pujawali di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Lumajang, Jawa Timur, semoga ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita serta meningkatkan energi dan spirit dalam pelaksanaan pembangunan di Kota Denpasar,” ujar Wali Kota Rai Mantra usai melakukan persembahyangan bersama.

Baca Juga :
Pemkab Buleleng Terima Kunker Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Sementara Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara, usai jalannya rangkaian upacara Bakti Penganyar mengatakan, Upacara Bakti Penganyar setiap tahun rutin dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Denpasar. Pemuput Bakthi Penganyar dan berbagai sarana upakara telah dipersiapkan dari Kota Denpasar.

“Kali ini di piodalan Pura Mandara Giri Semeru kembali Pemkot melaksanakan Bakthi Penganyar yang dipimpin langsung Walikota Rai Mantra dan Wakil Walikota Jaya Negara,” ujarnya.

Sementara Ketua Manggala Karya yang juga merupakan Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kota Denpasar, yang telah berpartisipasi dalam rangkaian upacara piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung. Dan tentu pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Denpasar juga telah melaksanakan Bakthi Penganyar yang juga dilakukan dengan iringan persembahan Tari Wali. “Semoga dapat menjadi momentum meningkatkan sradha bhakti bagi semua umat,” ucapnya.

Selepas mengikuti rangkaian upacara Bhakti Penganyar di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra beserta rombongan juga berkesempatan mengunjungi Situs Petilasan Semeru Agung yang berada tidak jauh dari lokasi pura.

Sumber: Humas Pemkot Denpasar

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.