Denpasar, (Metrobali.com)

 

Bertepatan dengan hari suci Tumpek Landep, sejak pagi tampak beberapa guru  SD Negeri 2 Pedungan telah mempersiapkan sarana untuk melaksanakan upacara Melaspas, Mupuk Pedagingan, dan Mecaru Rsi Gana di SD Negeri 2 Pedungan, pada Sabtu (4/9). Upacara ini dihadiri dan disaksikan langsung Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Bendesa Adat Pedungan, I Gusti Putu Budiarta, dan Forum Kaling se-Desa Pedungan.

“Dilaksanakannya upacara ini tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Upacara ini diawali dengan iringan tetabuhan baleganjur serta iringan kidung suci dan tarian rejang dari siswa sekolah setempat,” kata Kepala Sekolah SD Negeri 2 Pedungan, I Gusti Lanang Ngurah Aryanatha.

Lebih lanjut dikatakannya, upacara Melaspas, Mupuk Pedagingan, dan Mecaru Rsi Gana ini dilaksanakan karena telah rampungnya pembangunan Padmasana dan Gedung SD Negeri 2 Pedungan.

“Kerjasama antara sekolah, komite serta dinas terkait sudah sangat bagus. Dan kami berharap kedepannya kerjasama ini tetap dapat dipertahankan sehingga terjalin dengan bagus baik itu dari komite, dinas terkait serta dari Pemkot Denpasar,” kata Ngurah Aryanatha.

Sementara Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa berharap dengan rampungnya pembangunan gedung serta padmasana di SD Negeri 2 Pedungan ini dapat memberikan rasa nyaman kepada guru yang mengajar serta siswa yang mengikuti pelajaran di sekolah tersebut. Dan selama upacara maupun saat pembelajaran yang dilaksanakan, diwajibkan untuk tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan yang ketat sehingga kita semua dapat terhindar dari paparan virus covid-19. ” Kami berharap dengan rampungnya pembangunan Gedung dan Padmasana di SD 2 Pedungan akan dapat meningkatkan kenyamanan dalam proses belajar mengajar sehingga kualitas SDM lulusan SD 2 Pedungan lebih meningkat,” kata Agus Arya Wibawa. (RED-MB)

Baca Juga :
Populasi Sapi Bali di Jembrana Menurun