Wagub Sudikerta Hadiri Karya Padudusan Agung di Pura Pasek Gelgel Sibang Kaja

 Denpasar (Metrobali.com)-

Wagub Sudikerta menghadiri karya piodalan padudusan agung,Wraspati kalpa, Melaspas ,Nyusun Pedagingan lan Ngenteg Linggih di Pura Pasek Gelgel Banjar Saren Desa Adat Sibang Kaja Abiansemal Badung, Rabu (1/7).

Dalam sambutannya wagub sangat berterimakasih kepada pasemetonan warga pasek yang telah bekerja keras ,bergotong royong mengadakan upacara besar ini. Wagub untuk kesekian kalinya mengingatkan warga agar upacara yang dilakukan disesuikan dengan kemampuan warga dan dilaksanakan dengan tulus iklas.

Ia juga mengingatkan agar dalam melaksanakan karya hendaknya krama menjaga sikap,bicara dan pikiran agar upacara yang dilaksanakan berjalan lancar dan yadnya yang dilakukan  memberikan kesejahteraan bagi kita semua . Dalam kesempatan ini pula, ketua panitia karya I Made Sueca melaporkan bahwsannya karya padudusan agung ini sudah dimulai rentetannya dari tanggal 3 Juni lalu ,  dan puncak acara jatuh pada hari ini rabu (1/7) yang dipimpin oleh Ida Pedanda Lanang Gria Anyar.

Lebih lanjut Sueca menambahkan upacara padudusan ini digelar serangkaian dengan selesainya proses renovasi beberapa bangunan pura dan juga memperbarui beberapa pratima. Untuk kali ini piodalan di Pura Pasek Gelgel yang diadakan setiap Buda Manis Julungwangi  jatuh bertepatan dengan hari suci purnama sehingga upacara dengan tingkatan lebih tinggi dilakukan.

Pura Pasek Gelgel ini diempon oleh 195 jiwa di 25 KK dan warga pasek mengadakan yadnya secara swadaya dengan menghabiskan dana kurang lebih 300 Juta. Rentetan karya akan diakhiri dengan upacara nyinep nanti pada tanggal 4 juli 2015. Dalam kesempatan ini Wagub menyerahkan dana punia punia sebesar 20 juta rupiah yang diterima langsung oleh panitia karya. Hadir pula mendampingi wagub, Camat Abiansemal dan Kepala Desa Sibang Kaja. AD-MB

Baca Juga :
Riset Pertanian Perlukan Satu Persen PDR