Mangupura (Metrobali.com)-

Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Sudikerta membuka Pelatihan Pengelola LPD Se-Kecamatan Mengwi di Hotel Made Bali, Jumat (4/11). Turut hadir dalam acara ini DPD RI I Nengah Wiratha,SE, Kabag Administrasi Perekonomian Setda Kab. Badung  Drh. I Ketut Sudarsana, M.MA, Camat Mengwi, Direktur BPD Cabang Denpasar dan Badung, Ketua PLDP Bali, Ketua PLDPK Badung, Ketua BKS LPD Kab. Badung, Kepala LPD se-Kecamatan Mengwi, Instruktur Pelatihan Pengeloaan LPD serta peserta pelatihan.

Wabup. Sudikerta dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kab. Badung memberikan apresiasi positif dan menyambut baik kegiatan Pelatihan Pengelolaan LPD, karena sangat bermanfaat bagi upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Pengelola LPD sehingga LPD sebagai lembaga keuangan yang dimiliki dan dipercayai oleh krama desa adat serta bergerak dibidang jasa perbankan dapat terus bertahan dan berkembang dalam situasi di era globalisasi.

Lebih lanjut  Sudikerta mengatakan, menejemen LPD harus memiliki semangat loyalitas dan komitmen untuk memajukan LPD serta menjauhi kepentingan kultus individu yang dapat menyebabkan kolapnya LPD. Jika terjadi kredit macet agar PLPDK Badung, pengurus LPD dan prajuru adat mengambil langkah-langkah berupa solusi yang terbaik agar LPD tetap eksis. “Jajaran pengelola LPD hendaknya selalu memahami dan berpijak pada peraturan dan awig-awig yang telah ada termasuk pararem yang telah ditetapkan secara musyawarah untuk kepentingan bersama, saya yakin dan percaya LPD menjadi sehat baik sehat organisasi, sehat administrasi, sehat program dan sehat aset yang akhirnya sehat laba atas usahanya,” imbuhnya.

Ketua Panitia I Putu Swantara melaporkan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya para karyawan LPD, menyamakan persepsi dalam tata kelola LPD khususnya dilingkungan koordinator LPD Kecamatan Mengwi serta membangun komunikasi antar karyawan LPD dan diharapkan dari komunikasi tersebut diperoleh kontribusi yang positif khususnya penanganan permasalahan yang ada dalam LPD.

Baca Juga :
Wasit Piala Jenderal Sudirman di Grup B Dievaluasi

Jumlah peserta pelatihan sebanyak 138 orang se-Kecamatan Mengwi yang terdiri dari kepala bagian kredit, kepala bagian tabungan dan karyawan LPD  yang berasal dari 38 LPD se-Kecamatan Mengwi. Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 4 – 18 November 2011.

Dalam kesempatan ini Wabup Sudikerta menyerahkan bantuan sebesar Rp. 10 juta, secara pribadi Sudikerta juga membantu Rp. 5 juta, DPD RI I Nengah Wiratha Rp. 5 juta serta dari BPD sebesar Rp. 5 juta.