JCI Gelar Aksi Donor Darah

Denpasar (Metrobali.com)-

Menyambut Valentine Days di Denpasar, Bali. Ratusan orang berbondong-bondong mendonorkan darahnya menyambut hari kasih sayang.

Ratusan orang secara bergantian mengisi formulir keikutsertaan menyumbangkan sekantong darahnya. Dari mulai pelajar, anak band, pegawai kantoran dan elemen masyarakat lainnya.

Aksi donor darah yang diadakan oleh JCl (Junior Chamber Indonesia) ini bertepatan dengan moment Valentine Days yang biasa jatuh pada tanggal 14 Februari.

Bertempat di Jalan PB Sudirman, Denpasar, tepatnya di sebuah tempat kursus bahasa Inggris terkemuka di Bali, tepat di sebuah ruangan di lantai dua, aksi donor dilakukan.

Di dalam ruangan‎ itu, berjejer tiga buah tempat tidur. Tempat tidur lipat, untuk rebah para pendonor. Mereka para pendonor mengikuti ketentuan boleh atau tidaknya mendonor darah.

Ketentuan itu mulai dari ukuran cek tensi darah, cek hemoglhobin, kemudian diambil darah. Usai mendonor, pendonor diberikan telur ‎dan teh hangat.

Dan setelah diambil darah, para pendonor pun diminta untuk tidak terburu-buru bangun. Petugas PMI (Palang Merah Indonesia) mengingatkan, apabila masih terasa pusing sebaiknya pendonor rebah kembali.

Salah satu pasien donor darah, Osin mengatakan, hari valentine atau kasih sayang tidak mesti harus dirayakan dengan cokelat dan mawar. Karena itu, donor darah lebih berarti ketimbang dua hal yang sudah menjadi hal umum di masyarakat Indonesia.

“Pastinya saya ingin berbagi saja,” kata dia.

Ketua Panitia Acara JCI, Diah Widiawati mengungkapkan, kegiatan sosial yang dibuka untuk umum ini merupakan kegiatan untuk membuat sesuatu yang berarti kepada anak muda, khususnya. Ketimbang harus berhura-hura dengan membagikan cokelat dan mawar.

“Kami mencoba mengajak peduli terhadap sesama. Dan responnya cukup baik. Berjalan dengan lancar,” ujar Diah.

Baca Juga :
Jaminan Reklamasi, Cara Pemerintah Selamatkan Lahan Pasca Penggalian

Donor darah yang berlangsung lebih dari dua jam ini  menghasilkan ratusan kantong darah. Kemudian kantong-kantong darah akan akan dikirim ke RS. Wangaya, Denpasar untuk dipergunakan bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.SIA-MB