Tabanan, (Metrobali.com)

Sebagai upaya untuk selalu bersinergi serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Tabanan, Ketua TP PKK Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya, S.H.,M.M yang juga selaku Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan hadir mendampingi Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M untuk berkantor di Desa Gadungan, Selemadeg Timur sekaligus memberikan dukungan moril terhadap kebangkitan UMKM di Desa, Senin (19/9).

Giat berkantor di Desa ini menjadi komitmen Bupati Tabanan yang terus dilakukan secara bergilir di 133 Desa yang ada di Kabupaten Tabanan, dengan tujuan untuk menyampaikan Visi dan Misi Kabupaten Tabanan, menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), sehingga pembangunan di desa dan kabupaten dapat sejalan dan selaras. Rutinitas berkantor di Desa ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda Tabanan, Ketua DWP Kabupaten Tabanan, beserta para Asisten Sekda Tabanan, para kepala OPD terkait, Camat, Unsur Muspika, Perbekel dan Bendesa Adat setempat, sekaligus juga Ketua TP PKK Kecamatan Selemadeg Timur dan Ketua TP. PKK Desa Gadungan beserta anggota.

Dalam kegiatan berkantor di kantor Desa, Rai Wahyuni Sanjaya mendampingi Bupati meninjau produksi tani Desa Gadungan yakni potensi produksi jagung, mulai dari panen hasil pertanian hingga fasilitas pengolahan. Di samping itu juga melakukan pemantauan terhadap proses pengemasan dan pengiriman ke pembeli secara langsung.

Di kesempatan itu, juga berlangsung pameran UMKM Desa Gadungan, yang menampilkan potensi-potensi hasil tani Jagung yang dimanfaatkan dan diolah ke bentuk lainnya, seperti beras jagung, OOT / Dedak Jagung, Jagung pecah sebagai pakan ayam, jagung bijian kering, jagung ocean, jagung tongkol hingga tongkol giling sebagai pakan sapi. Harga jualnya pun bervariasi, mulai dari Rp.2000 /Kg, hingga Rp.6000/Kg.

“Pada hari ini, saya selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan dan juga selaku Ketua Dekranasda ikut berkantor mendampingi Bapak Bupati dengan Tujuan melihat IKM dan UMKM yang ada di Desa Gadungan ini, dan juga sekaligus untuk meninjau aktivitas kelompok UP2K ibu-ibu PKK kita yang ada di Desa, untuk kedepannya akan saya lihat dan data agar bisa kita fasilitasi di pameran skala besar maupun kecil” Papar Rai Wahyuni saat itu.

Pihaknya juga memberikan apresiasi yang sangat baik atas inovasi PKK Kabupaten Gadungan yang sudah luar biasa kreatif termasuk dalam pengolahan jagung di luar bentuk yang konvensional. “Ada inovasi-inovasi baru seperti tadi yang saya lihat pengolahan jagung, tidak sekedar bisa kita konsumsi langsung tapi juga diolah menjadi makanan ternak, itu merupakan salah satu terobosan dan inovasi yang luar biasa menurut saya” imbuhnya.

Keberadaan IKM dan UMKM yang erat dan identik dengan perempuan serta banyak dilakoni oleh Ibu-ibu rumah tangga, diakui memiliki peran yang penting dalam membantu mengendalikan laju inflasi agar tidak melambung tinggi. Rai Wahyuni menanggapi hal tersebut dengan melanjutkan langkah-langkah positif melalui sosialisasi dan binaan agar bisa menjadi lebih baik lagi. “Khusus kasus inflasi sudah disosialisasikan dari kemarin-kemarin, sebab ujung tombaknya adalah ibu-ibu” Katanya. 

Pihaknya mencontohkan dalam pelaksanaan program Aku Hatinya PKK dengan contoh menanam cabai. Bahkan di sekolah juga sudah diajarkan untuk menanam cabai sejak dini, “Nantinya juga bisa ditularkan di rumah tangga. Jadi anak-anak juga bisa berperan untuk menjadi duta bagi keluarganya” Ujarnya lebih lanjut.

Ketua TP PKK Desa Gadungan, Ny. Muliartana menyatakan ungkapan terima kasih dari masyarakat Desa Gadungan atas peran Ketua TP PKK Tabanan dalam kebangkitan UMKM di Desa. “Kami atas nama TP PKK Desa Gadungan dan seluruh elemen masyarakat, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Bupati atas perhatiannya dan telah senantiasa memberikan dukungan moril kepada masyarakat sehingga pengolahan jagung ini, khususnya kebangkitan UMKM di Desa Gadungan ini bisa berjalan dengan baik” Ujar Ny. Muliartana. Sumber : Humas Tabanan

Editor : Sutiaan

Baca Juga :
Luhut temui Mahfud di Kemenkopolhukam, bahas apa?