Tim Verifikasi Inovasi Kemenpan RB, Verifikasi TOSS dan Bima Juara Untuk Masuk 40 Besar Nasional

single-image

Foto : Tim Verifikasi Inovasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengunjungi Kabupaten Klungkung, Kamis (16/8).

Klungkung (Metrobali.com)- 

Tim Verifikasi Inovasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) yang terdiri dari Kepala Bidang Penyiapan Perumusan kebijakan Publik pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Sri Hartini, dan Tim Panel Independen (TPI) Profesor R. Siti  Zuhro, serta Tim Evaluasi (TE)  Dr. Linda Darmajanti, Kamis (16/8) mengunjungi Kabupaten Klungkung dalam rangka melakukan verifikasi dan observasi lapangan terhadap inovasi pelayanan publik, yakni Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan Beli Mahal Jual Murah (Bima Juara).

Kedatangan rombongan diterima langsung oleh  Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Ruang Bupati Klungkung.

Tim Panel Independen (TPI) Profesor R. Siti  Zuhro menyatakan dua Inovasi Kabupaten Klungkung sudah masuk dalam top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan tim turun untuk melakukan verifikasi kembali untuk mencari top 40. “Apabila Inovasi Bima Juara dapat diterapkan pada tingkat Nasional, mungkin Indonesia tidak perlu lagi mengimpor beras. Dan untuk inovasi TOSS dimana sistem pengolahan sampah yang baik dan  hasil olahannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya. “Kedua Inovasi ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, dan daerah-daerah lain dapat mereplika dan mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Klungkung” tambahnya.

 Untuk memastikan semua keberhasilan tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga mengajak rombongan untuk mengunjungi program inovasi yang dimaksud. Kunjungan pertama dimulai dari Supermarket Inti, yang menjual beras lokal petani Klungkung hasil penerapan sistem Bima Juara, Kemudian ke Koperasi Jaya Werdhi di Desa Takmung.

 Disela-sela kunjungan lapangan tersebut Bupati Suwirta memaparkan Tentang bagaimana sistem Kerja dari Inovasi Bima Juara sudah diterapkan di Klungkung sejak akhir maret 2017. Inovasi Bima Juara merupakan inovasi yang untuk mensejahterakan masyarakat dan petani padi di Kabupaten Klungkung dan terlebih lagi untuk menekan inflasi daerah. “program ini sudah terbukti disaat harga beras naik dipasaran dan di Klungkung masih stabil dan ketika harga gabah petani anjlok, Koperasi masih tetap membeli dengan harga tinggi,” papar Suwirta.

 Dari Koperasi Jaya Werdhi, rombongan langsung diajak ke tiga tempat  lokasi diterapkannya sistem TOSS yang berlokasi di IPLT Lepang, Desa Gunaksa, dan TPSR Darma Winangun Desa Tangkas. Disini tim langsung melakukan peninjauan dan mengecek sistem TOSS yang sudah berhasil diterapkan di Klungkung. Dalam kesempatan itu, Bupati juga menjelaskan tentang Sistem Inovasi TOSS. Dengan keunggulan dari Sistem TOSS, Selain dapat membersihkan lingkungan dari sampah, juga dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak dan energi listrik yang dapat digunakan untuk penerangan. “Hasil olahan sampah melalui TOSS ini langsung dikelola oleh PLN melalui Indonesia Power untuk kebutuhan bahan bakar listrik pengganti batu bara,” katanya.

 Selain itu, dua Inovasi dari Bupati juga menjelaskan terkait Inovasi daerah di Klungkung sudah mengikuti Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah. Selain dua sudah masuk top 99 Inovasi daerah, ada inovasi lainnya yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat.

 Dalam kegiatan ini Bupati juga didampingi  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Klungkung IB Juanida, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Klungkung Anak Agung Kirana, Supervisor Senior Humas PT Indonesia Power Unit Pembangkit Bali Made Sumanta, Kepala Koperasi Unit Desa Jaya Werdhi Made Santra, Ketua TPS 3R Darma Winangun Ketut Darmawan dan Operating System Program TOSS dari STT PLN Herwansyah beserta pihak terkait lainnya.

Baca Juga :
Waspadai Bahaya Gula Bagi Anak

Sumber : Humas Pemkab. Klungkung

Editor : Whraspati Radha

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.