Mangupura (Metrobali.com)-

Bertepatan dengan Budha Kliwon Pahang, Rabu (3/10) Krama subak Tegan dan Babakan Desa Kapal Kecamatan Mengwi melaksanakan Upacara  Pedudusan Alit Lan Mendem Pedagingan sehubungan telah selesainya pembangunan dan perbaikan beberapa pelinggih di areal pura tersebut. Hadir pada kesempatan ini Plh Bupati Badung Drs I Ketut Sudikerta, Anggota DPRD Kab Badung I Nyoman Ardana, Kadis Pendapatan Daerah/Pasedahan Agung  I Wayan Adi Arnawa, Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan I GAK. Sudaratmaja, Camat Mengwi, Lurah Kapal serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Plh Bupati Badung I Ketut Sudikerta di daulat untuk melaksanakan mendem Pedagingan di salah satu pelinggih yang ada di areal pura tersebut didampingi Anggota DPRD Kab Badung I Nyoman Ardana dan disaksikan oleh ratusan penyungsung Subak Tegan dan Babakan.

Disela-sela acara Sudikerta memberikan apresiasi serta menyampaikan rasa terimakasi serta rasa bangga atas keberhasilan krama  Tegan dan Babakan Desa Adat Kapal dalam terlaksanakan Pembangunan dan Upakara ini dan diharapkan menjadi pemicu semangat untuk tetap melestarikan keberadaaan subak apalagi subak sudah diakui menjadi warisan dunia.“Krama subak jangan sampai tergiur untuk menjual tanah sawah untuk foya-foya apalagi untuk mabuk-mabukan,” tegasnya.

Untuk memotivasi dan meringankan krama subak terkait biaya pembangunan dan Upacara  Pedudusan Alit Lan Mendem Pedagingan Sudikerta mapunia sebesar Rp. 25 Juta, DPRD Badung sebesar Rp. 10 juta serta Kadispenda Rp. 2 juta.

Ketua Pekaseh Subak Tegan Drs. I Made Gde Nurada melaporkan eedan karya Upacara  Pedudusan Alit Lan Mendem Pedagingan telah dimulai sejak tanggal 16 Juli 2012 yakni karya pedudusan Ida Betara pengulun Subak Tegan, tanggal 28 Agustus 2012 dilaksanakan karya nyukat dan matok genah pariyangan Balai subak Tegan. Sementara tanggal 23 Agustus dilaksanakan Pecaruan Rsi Gana dan pemlaspas dan ngunggahang Ida Batara. Tanggal 16 September 2012 Nanceb tetaring yang dilanjutkan nyengker karya pada tanggal 22 September 2012. Tanggal 1 Oktober 2012 dilaksanakan Nunas Tirta dam puncak karya tanggal 3 Oktober berupa Upacara  Pedudusan Alit Lan Mendem Pedagingan yang dipuput oleh Ida Peranda Gde dari Griya Tengah Lukluk.

Baca Juga :
Kampanye Akbar NasDem di Sulteng, Surya Paloh Imbau Masyarakat Maksimalkan Hak Pilih

Lebih lanjut dikatakan pembangunan dan upacara ini menghabiskan dana kurang lebih  Rp. 315 juta yang bersumber dari bantuan dari pemerintah dan swadaya krama pengempon dimana jumlah krama pengempon sekitar 540 KK. IKA-MB