Foto: Keluarga besar DPD NasDem Denpasar bersama Fraksi NasDem DPRD Kota Denpasar pengurus DPC dan pengurus Pengurus DPRt NasDem se-Kota Denpasar melakukan kegiatan sosial “NasDem berbagi Kasih” dengan mengunjungi lima panti asuhan di Kota Denpasar, Senin 20 Desember 2021.

Denpasar (Metrobali.com)-

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Denpasar selalu punya cara untuk merawat nilai-nilai kemanusiaan, berbagi memberikan uluran tangan dan meringankan beban sesama terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Kali ini dalam rangka menyambut Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), keluarga besar DPD NasDem Denpasar bersama Fraksi NasDem DPRD Kota Denpasar pengurus DPC dan pengurus Pengurus DPRt NasDem se-Kota Denpasar melakukan kegiatan sosial “NasDem berbagi Kasih” dengan mengunjungi beberapa panti asuhan di Kota Denpasar, Senin 20 Desember 2021.

Ada lima panti asuhan di empat Kecamatan di Kota Denpasar yang dikunjungi dalam kegiatan yang membumikan spirit “Kasih dan Persaudaraan adalah fondasi hidup dalam kebhinekaan di Indonesia” ini.  Diantaranya Panti Asuhan Puteri Anugrah di Jln. HOS. Cokroaminoto Nomor 34, Denpasar Utara. Kedua, Panti Asuhan Eben Heaser di Jln. Nusa Barung, Denpasar Barat. Ketiga Panti Asuhan Anugerah Jln. Diponegoro Nomor 107 Denpasar Selatan. Keempat, Panti Asuhan Kasih Karunia Jln. Diponegoro Nomor 107 Denpasar Selatan. Terakhir, Panti Asuhan Rumah Impian di Jln. Soka, Denpasar Timur.

Dalam kegiatan ini hadir langsung Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Denpasar Anak Agung Bagus Wiranata, DPD Partai NasDem Kota Denpasar Anak Agung Putu Sugiartha serta jajaran pengurus, Ketua Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar AA Ngurah Gede Widiada, Ketua Dewan Pembina Garnita Malahayati Kota Denpasar Ari Budiasa, dari DWP Partai NasDem Provinsi Bali diwakili Wakil Ketua Bidang Pertanian, Peternakan & Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Provinsi Bali, Tjok Istri Ngurah Roosany. Kegiatan di panti asuhan di masing-masing kecamatan juga dihadiri DPC dan pengurus Pengurus DPRt NasDem se-Kota Denpasar.

Baca Juga :
Kapolres Bersama Pecinta Motor Tua Sambangi Warga Tidak Mampu

Dalam kegiatan berbagi kasih di panti asuhan ini NasDem Denpasar berbagi keceriaan dan memberikan bingkisan hadiah tali kasih kepada para anak-anak panti asuhan. Mereka juga terlibat ikut berbaur bernyanyi bersama dengan anak-anak dan pengurus panti asuhan.

Tidak ada agenda dan misi politik yang ada hanya berbagi kasih bentuk kepedulian Partai NasDem kepada anak-anak yang kurang beruntung ini dimana semestinya pemerintah harus lebih banyak hadir memberikan perhatian kepada anak-anak panti asuhan ini sebagaimana amanat konstitusi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Pasal 34 Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “Fakir Miskin dan Anak-anak terlantar dipelihara oleh Negara” dan selanjutnya dalam Pasal 27 Ayat (2) menyatakan “Bahwa tiap-tiap warganegara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”.

“Selama ini kita bicara masalah Pancasila, nasionalisme dan keberagaman. Tapi masalah di masa pandemi yang sering luput dari perhatian bagaimana kondisi anak-anak kita di panti asuhan. Karenanya dalam momen perayaan natal dan menyambut tahun baru kami NasDem Kota Denpasar ingin berbagi kasih dengan anak-anak panti asuhan di Kota Denpasar,” ungkap Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Denpasar Anak Agung Bagus Wiranata.

Kepedulian ini juga merupakan wujud nyata implementasi filosofi kearifan lokal Bali yakni Tat Twam Asi yang menuntun umat manusia agar memiliki jiwa sosial dan memiliki keinginan untuk menolong orang lain, karena menolong orang lain sama dengan menolong diri sendiri. Menyakiti orang lain berarti pula menyakiti diri sendiri.

Kegiatan berbagi kasih ini juga implementasi nyata Tri Hita Karana yang menekankan keharmonisan hubungan manusia dengan sang pencipta, lingkungan dan sesama manusia. Termasuk pula implementasi nyata nilai-nilai dalam Pancasila seperti nilai gotong royong, kepedulian, saling asah-asih asuh dan tepo seliro.

Baca Juga :
Masuk Areal Konco Batur Wajib Kenakan Adat Bali

“Kita datang dengan spirit berbagi kasih menyemangati mereka para anak-anak panti asuhan di saat mereka seharusnya menjadi tanggungan negara sesuai Pasal 34 UUD 1945,” ujar Wiranata.

Ketua Dewan Pembina Garnita Malahayati Kota Denpasar Ari Budiasa menambahkan kegiatan berbagi kasih di panti asuhan serangkaian menjelang perayaan Natal ini juga bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai keberagaman, kebhinekaan yang menjadi kekayaan dan pemersatu bangsa Indonesia.

“Partai NasDem Kota Denpasar melakukan kegiatan ini juga untuk memberikan contoh kepada anak-anak bahwa perbedaan ini lah yang menguatkan kita di Denpasar dan Indonesia pada umumnya,” ujar istri dari Ketua DPD Partai NasDem Kota Denpasar Dewa Nyoman Budiasa ini.

Acara ini juga diharapkan memberikan suntikan semangat bagi anak-anak menjelang perayaan natal dan tahun baru yang memang masih harus dirayakan di tengah-tengah berbagai keterbatasan di masa pandemi Covid-19.

“Jadi ini bukan soal apa yang kita berikan, tapi lebih kepada semangat yang kita contohkan kepada adik-adik, anak-anak panti asuhan ini agar tetap semangat menjalani kehidupan dan meraih cita-citanya,” pungkas Ari Budiasa.

Sementara itu Ketua Fraksi NasDem-PSI DPRD Kota Denpasar AA Ngurah Gede Widiada juga menegaskan acara “NasDem berbagi Kasih” dengan mengunjungi beberapa panti asuhan di Kota Denpasar lebih menekankan kepada upaya mempererat kasih sayang, tali kasih NasDem dengan anak-anak masa depan bangsa dan calon pemimpin bangsa ini.

“Kami ini lebih membangun kedekatan, menguatkan kebersamaan dalam keberagaman dalam jalinan tali kasih penuh keriangan. Walaupun kita juga tetap prihatin dan waspada dengan kondisi pandemi Covid-19. Namun semangat dan optimisme harus terus menyala,” kata politisi senior NasDem yang juga panglingsir Puri Peguyangan, Kota Denpasar ini.

Anggota Komisi IV Kota Denpasar ini juga menyelipkan pesan sosialisasi tentang vaksinasi anak usia 6-11 tahun yang sudah mulai dijalankan Pemerintah Kota Denpasar. Dirinya pun berharap anak-anak panti asuhan yang berada di rentang usia 6-11 tahun bisa segera divaksin. (wid)

Baca Juga :
22 Korban Air Asia Telah Berhasil Ditemukan