BG1

Jakarta (Metrobali.com)-

Pakar Hukum Tata Negara Andi Irman putra Sidin menegaskan, Presiden Joko Widodo harus memberi kepastian kepada publik mengenai pelantikan Komjen Pol Budi Gunawan menjadi Kepala Kepolisian RI (Kapolri).

“Presiden Jokowi harus cepat melantik Budi Gunawan menjadi Kapolri. Jadi, jangan ada wacana yang lain, yang saat ini harus dilakukan adalah Presiden harus cepat melantik Budi Gunawan,” ujar Irman, di Jakarta, Kamis (12/2).

Bahkan, kata dia, saat ini Presiden harus langsung menentukan jadwal pelantikan Budi Gunawan, bukan malah membuka wacana yang lain. Dengan demikian, Presiden akan memberikan jaminan hukum kepada publik.

Menurut dia, yang harus dipikirkan saat ini adalah kepentingan bangsa yang lebih besar dan jauh ke depan. Jangan sampai, kata dia, Presiden berpikir aspek politis dan yang lainnya.

“Di sini nggak ada politik-politikan, semuanya sudah clear, tinggal melantik saja,” tegasnya.

Kalau bicara politik, kita menyaksikan parlemen yang begitu bulat mendukung Budi Gunawan. Itu artinya, secara politik sudah tidak ada persoalan. Jadi, saat ini yang dipertaruhkan adalah sumpah jabatan Presiden, karenanya tidak ada alasan Presiden tidak melantik Budi Gunawan, paparnya. AN-MB

Baca Juga :
Gubernur Koster Ajak Seluruh Umat Beragama Doa Serentak Kamis Ini, Mohon Keselamatan dari Ancaman Covid-19