ABG ziarah ke makan Soeharto1
Denpasar (Metrobali.com) –

Para bakal calon kepala daerah yang telah mengikuti fit and propertest di Koalisi Bali Mandara, kini harap-harap cemas. Sebab, siapa yang akan mendapatkan rekomendasi untuk maju pada Pilkada di enam kabupaten dan kota di Bali, sejauh ini masih kabur.

Di tengah kecemasan tersebut, para bakal calon para bakal calon ini tetap gencar melakukan sosialisasi ke masyarakat. Beberapa di antaranya bahkan menebar spanduk dan baliho hingga membentuk relawan pemenangan.

Menariknya, ada juga diantaranya yang mencoba menempuh cara lain dengan harapan akan mendapatkan rekomendasi. Seperti yang dilakukan bakal calon bupati Tabanan, Arya Budi Giri (ABG), yang meminta restu dengan berziarah ke makam tokoh bangsa.

Sebelum fit and propertest misalnya, ABG menyempatkan diri berziarah ke makan Bung Karno di Blitar. Sementara baru-baru ini, kader Partai Golkar itu memilih berziarah ke makam Presiden kedua RI, Soeharto, di Giribangun, Desa Girilayu, Kecamtan Metesih, kabupaten Karangayer, Jawa Tengah.

ABG mengaku kagum dengan presiden yang berkuasa selama 32 tahun itu. Menurut dia, Soeharto yang dikenal sebagai Bapak Pembangunan itu adalah sosok yang tegas, berwibawa dan pekerja keras.

“Saya berziarah ke makam beliau untuk meminta restu, agar bisa maju dalam Pilkada Tabanan, 9 Desember mendatang,” tuturnya, di Denpasar, Minggu (14/6).

Selain memohon restu agar bisa tampil di Pilkada Tabanan, ABG juga secara khusus berdoa soal kisruh Partai Golkar di makam pendiri Golkar itu. “Intinya agar konflik di internal Partai Golkar segera selesai,” jelas ABG.

Sebelum berziarah ke makam Soeharto, ABG melakukan ziarah ke makam Bung Karno, di Blitar. Bahkan,  visi – misi ABG selaku bakal calon bupati Tabanan, yakni Tabanan Taksu, ternyata adalah hasil permenungannya di makam Proklamator Kemerdekaan RI itu.

Baca Juga :
Presiden: 1,2 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Air

“Sebelum mengikuti fit and propert test, saya sudah berziarah ke makam Soekarno, untuk meminta restu menjadi bupati Tabanan. Soekarno adalah tokoh penting dalam sejarah bangsa ini, soekarno merupakan pemimpin idola saya,” kata ABG.

Selain ziarah dan gencar melakukan sosialisasi, ABG bersama pimpinan partai politik di Koalisi Bali Mandara juga telah menemui elit partai di tingkat pusat. Di antaranya Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar  Akbar Tanjung, Ketua Umum DPP Partai Golkar  Aburizal Bakrie, Sekjen DPP Partai Golkar Idrus Marhan, Ketua Umum Partai Gerindra Parabowo Subianto, dan petinggi Partai Demokrat Edy Baskoro Yudhoyono dan Marzuki Alie.

ABG berharap, dirinya akan diberikan kesempatan oleh Koalisi Bali Mandara untuk tampil sebagai calon bupati Tabanan. “Saya berharap dapat rekomendasi dari koalisi untuk Pilkada Tabanan mendatang,” pungkas ABG. MSE-MB