Widiada

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota DPRD Kota Denpasar Anak Agung Ngurah Gede Widiada mengharapkan pemerintah memberi perhatian kepada kelompok nelayan di kawasan wisata Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan.

“Dari sejarah, bahwa masyarakat Desa Sanur bagian pesisir sebagian besar nelayan, sedangkan sebagian warganya adalah bekerja di berbagai profesi,” katanya di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan untuk menggairahkan masyarakat Sanur dan sekitarnya, khusus masyarakat berprofesi nelayan maka peran serta pemerintah dalam membantu peralatan penangkapan ikan sangat diperlukan seiring program pemerintah sektor kemaritiman.

“Bagaimana masyarakat nelayan supaya eksis ditengah kemajuan sektor pariwisata di Sanur dan sekitarnya, salah satu cara memberikan perhatian dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana yang memadai,” kata politikus Partai NasDem itu.

Menurut tokoh Puri Peguyangan Denpasar itu, yang terjadi sekarang para nelayan kehidupannya masih digaris kemiskinan, sehingga mereka pun sebagai nelayan penangkap ikan tidak menjadi pekerjaan utama, melainkan terlibat dalam sektor jasa pariwisata.

“Itu pun penghasilannya saya kira belum memadai, karena para nelayan yang berprofesi jasa pariwisata tidak setiap harinya ada wisatawan yang menyewa untuk berkeliling menikmati indahnya wisata laut Sanur,” ucapnya.

Terlebih para nelayan itu, kata dia, tidak bisa menambatkan jukung (perahu tradisional) di semua hotel di kawasan Sanur. Padahal sebelum berkembang pesat objek wisata Sanur mereka bebas menambatkan jukung sepanjang pantai Sanur.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada pemerintah provinsi maupun Pemerintah Kota Denpasar untuk memberikan perhatian serius kepada para nelayan itu, sehingga mereka bisa berpenghasilan untuk mencukupi kehidupannya,” katanya.

Agung Widiada lebih lanjut mengatakan bila pemerintah serius membantu dan memberi solusi yang selama ini dihadapi nelayan tradisional, pihaknya yakin nelayan itu akan bisa mengangkat derajat kesejahteraannya.

Baca Juga :
Tersangka Minuman Keras Oplosan Bertambah

“Peran pemerintah menjadi ujung tombak dalam meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat pesisir di kawasan Sanur dan sekitarnya,” kata Agung Widiada. AN-MB