Foto: Menkop UKM Teten Masduki bersama Gubernur Bali Wayan Koster meninjau pameran UMKM di Pasar Nusa Dua di Bali Coletion, ITDC, Nusa Dua, pada Jumat (6/5/2022) sore.

Nusa Dua (Metrobali.com)-

Perhelatan KTT G20 yang digelar di Bali membawa angin segar bagi UMKM di tanah air dan membuka keran untuk tembus ke pasar ekspor atau pasar global.

Bahkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Teten Masduki menyakini Bali bisa menjadi hub UMKM go global dan mendatangan buyer global sebagai impas positif dari momentum rangkaian acara KTT G20 di Pulau Dewata.

“Harapannya Bali menjadi hub UMKM di Indonesia dengan adanya momen G20 ini kalau kita bisa mendatangkan buyer dari luar negeri,” kata Teten Masduki usai bersama Gubernur Bali Wayan Koster mengunjungi Pasar Nusa Dua di Bali Coletion, ITDC, Nusa Dua, pada Jumat (6/5/2022) sore.

Teten mengatakan, G20 dijadikan event promo produk UMKM. “Ini merupakan aktivasi sehingga Bali Collection ini bulan November betul-betul siap semuanya,” ujarnya.

Produk-produk UMKM yang akan dipamerkan pada G20 akan dikurasi. “Produk yang dipamerkan produk unggulan. Karena menyasar pasar luar negeri, kita menampilkan brand-brand lokal yang siap go global,” ungkapnya.

Dikatakan, brand lokal yang siap go global sudah banyak dari seluruh provinsi, terutama dari Bali sendiri. “Kami juga membina teman-teman Indonesia timur. Karena mereka harus ditampilkan juga, dilibatkan terutama juga di bahan baku. Harapannya event Pasar Nusa Dua ini bisa lebih besar lagi dan melibatkan lebih banyak UMKM di Indonesia,” papar Teten.

Pasar Nusa Dua ini merupakan road to G20. Event ini akan digelar beberapa kali hingga bulan November 2022 dengan harapan mampu mendatangkan brand lokal lainnya untuk berpameran di tempat ini.

Baca Juga :
Berswadaya Mengelola Sampah Desa di TPS 3R Desa Tangkas

Berbagai produk kreatif dan inovatif dari UMKM ditampilkan termasuk yang mencuri perhatian juga adalah wellness product yang kini juga tengah gencar didorong oleh Kemenkop UKM untuk bisa tembus ke pasar global dan industri wellness dalam negeri juga terus didorong agar semakin kuat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhur Binsar Panjaitan juga hadir di lokasi acara Pasar Nusa Dua. Luhut menyampaikan bahwa event ini sebagai embrio untuk mengaktivasi kembali perekonomian Bali melalui momentum G20.

Sementara itu, Gubernur Bali, Koster mengatakan, produk yang dipamerkan dalam G20 sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi). Yakni produk-produk yang berkualitas.

“Produk yang dipamerkan di G20 nanti, sudah dikurasi Dekranasda Bali yang merupakan produk berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan,” kata Gubernurs Koster. (wid)