Kelompok G-33 Sepakati Reformasi Sektor Pertanian

single-image

Nusa Dua, Bali (Metrobali.com)-

Sebanyak 46 Menteri Perdagangan atau perwakilannya yang termasuk dalam kelompok G-33 Senin hari ini, 2 Desember 2013 menggelar pertemuan di Hotel Melia, Nusa Dua, Bali. Pertemuan yang termasuk dalam rangkaian acara Konferensi Tingkat Menteri World Trade Organization  (KTM-WTO) ke-9 ini dipimpin oleh Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan.

Gita menjelaskan, pertemuan itu digelar untuk mendiskusikan upaya peningkatan ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan dan pembangunan daerah tertinggal di negara-negara berkembang. “Kami mendiskusikan hal itu,” kata Gita.

Pertemuan ini, sambung Gita, juga menyoroti pentingnya KTM ke-9 dalam memperkuat peranan WTO
sebagai organisasi internasional yang menjamin berfungsinya sistem  perdagangan multilateral yang sehat, adil, dan dapat memberikan kepastian bagi perekonomian global.

“Dalam pertemuan ini kelompok G-33 menyepakati dilakukannya reformasi di sektor pertanian dan penyelesaian perundingan Doha Development Agenda (DDA), termasuk mengurangi hambatan perdagangan yang dapat menurunkan produktivitas dan daya saing jutaan petani di negara-negara berkembang,” ujar Gita.

Kesepakatan lain yang berhasil dicapai dalam pertemuan ini adalah mengenali pemecahan masalah bersama untuk meningkatkan perundingan ke arah yang lebih jelas dan dapat dicapai, termasuk menekankan pada elemen-elemen dalam perundingan DDA yang dapat menyeimbangkan kepentingan seluruh negara anggota dalam peraturan-peraturan WTO di sektor pertanian. JAK-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Kemenag Siapkan Desain Sensus Keagamaan

Leave a Comment

Your email address will not be published.