pramono anung

Jakarta (Metrobali.com)-

Anggota Dewan Pengarah Tim Pemenangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo-Jusuf Kalla, Pramono Anung, mengatakan Joko Widodo akan memaparkan tentang keberhasilannya dalam memimpin.

“Debat nanti Pak Jokowi tidak akan umbar janji, melainkan memaparkan apa yang sudah dia lakukan dengan berhasil,” kata Pramono di Media Center Jokowi-JK, Jakarta, Senin (9/6).

Dalam debat calon presiden dan wakil presiden perdana pada Senin malam, yang akan membahas pembangunan demokrasi, pemerintahan yang bersih dan kepastian hukum itu Jokowi juga akan menjelaskan mengenai persoalan yang ada dan solusinya.

“Bahkan nanti akan membahas apa yang berkaitan dengan pertahanan negara, seperti TNI/Polri,” kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Mengenai persiapan latihan yang dilakukan Jokowi, Pramono menilai hal itu merupakan sesuatu yang wajar karena debat capres merupakan panggung baru bagi Jokowi.

“Ini panggung baru bagi beliau, beda dengan tokoh lain yang sudah biasa. Tetapi yang penting bukan akan bahas janji tetapi apa yang sudah dilakukan,” tuturnya.

Joko Widodo (Jokowi) akan tetap pada gayanya yang sederhana dengan kharisma kerakyatan. Jokowi akan menunjukan gaya ‘low’ konteks, ‘to the point’ dan tidak menggunakan bahasa cukup tinggi namun dapat dicerna masyarakat.

“Berbeda dengan Prabowo yang tutur katanya menggunakan ‘high’ konteks, penuh simbol, sistematis,” katanya.

Pramono pun menyamakan Jokowi dengan Presiden pertama Soekarno atau Bung Karno. Bung Karno, dinilai mempunya kharismatik komunikasi yang bisa low konteks ataupun high konteks.

“Jika dengan rakyat tentu low konteks,” katanya. AN-MB 

Baca Juga :
Pasien Covid-19 Melonjak Akibatkan IGD Buka Tutup, RS Wangaya Bangun IGD Sementara Fokus Layani Pasien Non Covid-19