Sumber: Unsplash.com/ Stockernumber2

Pernah mendengar kata-kata “home sweet home? Ya, rumah seharusnya menjadi zona ternyaman dan teraman dari semua tempat. Rumah merupakan hunian di mana kita berada, tempat beristirahat dan juga melakukan aktivitas harian.

Semenjak kerja dan belajar dari rumah kamu tak lupa untuk menjaga kebersihan, kan? Jika kamu ingin menjaga rumah secara menyeluruh, berikut kami rangkum tips sederhana yang bisa dilakukan.

1. Membereskan Tempat Tidur

Tempat tidur merupakan tempat ternyaman untuk mengistirahatkan diri setelah lelah melakukan berbagai aktivitas. Rapikanlah tempat tidur secara rutin agar lebih nyaman ditempati. Hal itu juga dapat memudahkanmu untuk membersihkan kotoran atau rambut yang mungkin berserakan di atas kasur.

Tak cukup dengan membereskan tempat tidur, kamu juga harus rutin setidaknya satu kali dalam seminggu untuk mengganti seprai. Barang lain yang tak kalah penting yaitu sarung bantal, sarung guling, dan selimut juga harus diganti dengan yang bersih supaya tetap nyaman dipakai serta terhindar dari penyakit.

2. Rutin Menyikat Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi tempat favorit bagi kuman dan bakteri. Maka dari itu, jangan biarkan kamar mandimu kotor dan tak terawat. Sikat dan lap kamar mandi secara rutin setiap minggu. Hindari menaruh handuk atau pakaian di kamar mandi, dan jangan lupa tutup pintu kamar mandi setelah selesai digunakan.

Pastikan juga sirkulasi udara dan aliran air berjalan dengan baik supaya tidak menimbulkan bau tak sedap. Selanjutnya, kamu bisa tambahkan keset di depan pintu kamar mandi  agar kakimu yang basah tak mengenai lantai. Selain tampak becek, berjalan di lantai yang basah juga membuatmu rentan terpeleset.

3. Gunakan Air Purifier

Setelah membersihkan seluruh bagian rumah, kamu bisa siapkan alat canggih satu ini, air purifier Sharp. Berfungsi untuk menjernihkan udara di dalam ruangan, alat ini mampu menyedot udara kotor dan mengeluarkan udara segar dari dalam. Hasilnya, kualitas udara yang kita hirup di dalam ruangan ikut terjaga. Selain air putifier, kamu juga bisa tambahkan tanaman kecil di dalam ruangan untuk memberikan efek sejuk dan keindahan tersendiri di dalam rumah.

Baca Juga :
Gelaran Puncak BJCW dari Bank Indonesia Libatkan Pelaku Industri Kreatif, Wawali Arya Wibawa Hadiri Puncak Gelaran

4. Jangan Biarkan Dapurmu Berantakan

Sisa makanan setelah makan atau setelah masak sering kali menimbulkan bau tak sedap. Tak hanya itu, dapur yang berantakan juga mengundang hama seperti tikus dan kecoak. Kamu pasti tak ingin hal itu terjadi.

Untuk menghindarinya kamu bisa mulai rutin langsung mencuci barang- barang di dapur seperti wajan, piring, gelas, dan panci setelah digunakan. Letakkan di tempat yang seharusnya, jangan lupa lap meja dan wastafel sehingga dapur tampak lebih rapi dan bersih.

5. Menyapu dan Mengepel Setiap Hari

Kita mungkin tak sadar walaupun pintu dan jendela selalu tertutup, debu tetap masuk dan menempel di lantai dan barang-barang yang terpajang di ruangan, seperti barang elektronik, bingkai foto, meja tamu, dan barang lainnya. Pastikan untuk mengelap barang-barang tersebut agar bebas dari debu. Sapulah lantai setiap hari setidaknya dua kali sehari dan mengepelnya secara rutin.

Gunakan vakum untuk hasil yang lebih maksimal. Alat penyedot debu tersebut bukan hanya berguna menyedot debu di lantai, tetapi juga menyedot debu yang menempel pada kursi dan karpet. Bersihkan karpet dan berikan perawatan secara teratur, agar debu dan kotoran yang mungkin menempel dapat dihilangkan.

6. Tinggalkan Kebiasaan Menumpuk Pakaian Kotor

Untuk sebagian orang, mencuci tiap hari sangat merepotkan. Tak heran mereka selalu menumpuk pakaian kotor di keranjang, lalu mencucinya setelah tumpukannya cukup tinggi. Namun, akibatnya nyamuk dan kecoak akan sangat menyukai itu dan berkeliaran di sana.

Hewan yang menyukai tempat kotor itu kemudian akan menyelinap ke dalam pakaian kotormu dan berjalan ke berbagai tempat di rumahmu. Tentunya itu sangat tidak sehat, ya. Rajinlah mencuci pakaian untuk menghindari bau tak sedap dan munculnya hewan pengganggu seperti kecoak dan nyamuk.

Baca Juga :
Antisipasi ‘’Hutan Tower’’, DPRD Denpasar akan Buat Perda

7. Menata Ulang Barang-barang di Rumah

Cobalah  berdiri di ruang tamu, lihatlah sekeliling, adakah barang-barangmu yang sekiranya tak perlu dipajang. Setelah menemukannya, cobalah pilah kembali apakah barang tersebut masih layak atau tidak. Pemilihan dan penataan ulang barang dapat membuat ruangan lebih rapi dan nyaman dipandang. Tak hanya di ruang tamu, kamu bisa memeriksa ruangan lain seperti kamar tidur, ruang kerja, dan ruangan lainnya.

Kamu bisa menggunakan teknik decluttering untuk mengategorikan pemilihan barang-barang. Sediakan 3 kotak dus berlabel buang, bisa diperbaiki, dan layak pakai. Pilih semua barang dan letakkan ke dalam kotak berdasarkan kategori tersebut. Cara tersebut dapat mempermudah kamu untuk menata ulang dan merapikan ruangan di rumahmu.

 

Ketujuh cara di atas bisa kamu lakukan mulai dari sekarang. Kamu tak punya alasan lagi untuk malas membersihkan rumah. Bila kamu belum terbiasa melakukannya, cobalah lakukan secara perlahan tetapi pasti. Carilah waktu yang tepat untuk membersihkan rumah supaya rumah tetap bersih dan rapi sepanjang hari. (RED)