Mangupura (Metrobali.com)-

Bertempat di ruang pertemuan Inspektorat Kabupaten Badung, Selasa (6/11) dilaksanakan Fasilitasi Implentasi SPIP tahap ketiga dalam rangka Pilot Project SPIP di Kabupaten Badung. Hadir dalam kesempatan tersebut peserta pilot project SPIP Kabupaten Badung yakni dari Dinas Kesehatan serta Tim Satgas SPIP dari instansi terkait dan staf  inspektorat. Sementara dari narasumber dihadiri Project Implementation Unit IDF Word Bank  Didik Setiawan dan Sri Winarti, Perwakilan BPKP Bali Sumarno, Reputation Specialist Communication Auditor Magdalena Wenas dan Novira dari perwakilan Word Bank.

Inspektur Kabupaten Badung Wisnu Bawa Temaja dalam sambutan menyampaikan komitmen untuk melaksanakan SPIP di Kabupaten Badung perlu adanya komitmen bersama antara pimpinan eksekutif dan legislatif beserta segenap jajaran di daerah. Lebih lanjut dikatakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan keuangan yang baik dan bersih harus didukung oleh SPIP yang baik dan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP ). “Satgas SPIP Kab. Badung agar dapat bekerja secara optimal dengan meningkatkan koordinasi, kinerja termasuk percepatan pelaksanaan SPIP pada SKPD sehingga penerapan SPIP dapat berjalan dengan baik,” tegasnya.

Reputation Specialist Communication Auditor Magdalena Wenas menyampaikan salah satu unsur SPIP adalah informasi dan komunikasi sehingga  diharapkan para peserta wajib dapat mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan informasi dalam bentuk dan waktu yang tepat dan dapat memperbaharui sistem informasi secara terus menerus. “Jadikan SPIP itu sesuatu, jangan komplain saja berbuatlah sesuatu dengan SPIP dan harus dimulai dari diri sendiri,” pungkasnya.

Kegiatan Implementasi SPIP Tahap Ketiga dilaksanakan selama 3 hari dengan pelaksanaan awal di kantor inpektorat dan selanjutnya di Dinas Kesehatan selaku pilot project SPIP di Kabupaten Badung. Agenda acara hari ini adalah review tahap I dan II, menyusun rencana pemantauan terpisah dengan inspektorat, menilai efektifitas pengendalian intern serta merancang laporan evaluasi internal auditor. IKA-MB

Baca Juga :
Pengamat Ingatkan Jokowi Soal Pembentukan Kabinet