Ini Dia Berbagai Manfaat Pembukuan Online dalam Bisnis

Metro Bali
single-image

Pembukuan adalah salah satu kegiatan penting dalam menjalankan suatu usaha. Memuat berbagai catatan transaksi dan juga informasi terkait keuangan perusahaan, pembukuan memudahkan Anda dalam menganalisa performa perusahaan. Oleh sebab itu, catatan transaksi yang diinput dalam pembukuan harus teliti dan akurat.
Semakin berkembangnya suatu usaha, tentu semakin banyak catatan transaksi dan keuangan yang perlu diinput dalam pembukuan. Tak bisa dipungkiri bahwa hal ini membuat pembukuan secara manual semakin melelahkan dan rentan terjadi kesalahan. Pembukuan online adalah solusi tepat untuk kemudahan pembuatan pembukuan usaha.

Manfaat Pembukuan Online
Perkembangan teknologi menawarkan berbagai kemudahan, termasuk bagi para pelaku usaha dalam mengelola usaha. Salah satunya adalah munculnya aplikasi pembukuan online yang membuat penyusunan pembukuan menjadi lebih efektif dan efisien. Lantas, apa saja manfaat pembukuan secara online? Dilansir dari Jurnal.id dari halaman situsnya https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/pembukuan/, inilah keuntungan yang didapat dari penggunaan aplikasi pembukuan:

Meningkatkan Mobilitas

Kehadiran aplikasi pembukuan secara online memungkinkan Anda untuk dapat mengelola keuangan bisnis dimana saja dan kapan saja. Aplikasi tersebut umumnya berbasis cloud, sehingga Anda lebih fleksibel dalam mengaksesnya dengan sambungan internet. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot selalu ke kantor untuk mengakses pembukuan.
Kemudahan ini secara otomatis akan meningkatkan mobilitas penggunanya. Anda bisa tetap memantau keuangan perusahaan sambil melakukan kegiatan lain di luar kantor. Aplikasi dengan sistem yang terintegrasi juga membuat Anda dapat menghemat waktu, sebab laporan keuangan akan disajikan secara otomatis.

Memudahkan Pengawasan
Sebagai pelaku usaha, pengawasan adalah hal yang patut dilakukan untuk memastikan bisnis tetap dalam kendali. Keuangan sebagai salah satu aspek penting dalam usaha tentu memerlukan pengawasan intensif untuk keberlangsungan usaha. Dengan pembukuan online, akses pengawasan keuangan menjadi lebih mudah.
Pembukuan yang dilakukan secara online membuat Anda bisa memantau kondisi keuangan perusahaan setiap saat. Sistem yang terintegrasi juga menawarkan pembaruan informasi yang terkini. Keterbaruan data ini membuat informasi yang disajikan sinkron dan sesuai dengan kondisi saat itu, sehingga pengawasan menjadi lebih mudah.

Memudahkan Analisa dan Evaluasi Usaha
Pembukuan pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengetahui performa usaha. Pembukuan online menawarkan akurasi dalam setiap laporan keuangan yang disajikan. Hal ini secara otomatis akan memudahkan Anda dalam menganalisa dan mengevaluasi performa usaha dalam setiap periode.
Informasi yang disajikan pun lebih kaya dan mendetail, sehingga ada banyak aspek yang bisa dijadikan rujukan dalam menganalisa usaha. Menggambarkan kondisi usaha secara tepat dan akurat, Anda juga bisa mengetahui dengan mudah celah dalam bisnis yang perlu diperbaiki dan juga aspek yang perlu untuk dipertahankan performanya.

Baca Juga :
Ronaldo Bawa Real Menangi Piala Super UEFA

Penyusunan Strategi yang Tepat
Masih terkait dengan analisa dan evaluasi, pembukuan online menawarkan informasi mengenai kinerja usaha dengan akurat. Sehingga, Anda bisa mengetahui aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan untuk memastikan kelangsungan usaha. Informasi yang akurat tersebut akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi usaha.
Setelah evaluasi setiap periode, Anda tentu perlu menyusun strategi untuk meningkatkan performa usaha. Strategi ini tidak asal dibuat begitu saja, namun dengan berbagai pertimbangan yang matang sesuai dengan laporan keuangan yang tersaji dalam pembukuan. Ketepatan strategi usaha sangat bergantung pada akurasi informasi dalam laporan.

Memuat Data Akurat
Bukan rahasia lagi bahwa akurasi data adalah salah satu keharusan dalam penyusunan pembukuan. Informasi yang tidak akurat akan berdampak pada kesalahan analisa dan juga pengambilan strategi usaha berikutnya. Tentu hal ini akan mempengaruhi keberlangsungan usaha secara langsung.
Pembukuan online umumnya menggunakan sistem otomatis yang terintegrasi, sehingga kesalahan perhitungan atau input data yang biasa dilakukan manusia dapat diminimalisir. Dengan ketelitian tersebut, informasi yang tersaji dalam laporan menjadi lebih akurat. Pembaruan data berkala membuat Anda bisa mendapatkan informasi secara real-time.
Memuat Informasi Keuangan Secara Lengkap
Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh setiap aplikasi pembukuan online membuat informasi keuangan yang disajikan menjadi lebih visibel dan lengkap. Tak hanya memuat data transaksi, banyak aplikasi yang juga menampilkan informasi laba rugi, arus kas, hingga neraca keuangan yang memudahkan penggunanya dalam menganalisa laporan.
Data-data yang sulit dikelola, apalagi dengan lokasi bisnis yang tersebar juga lebih mudah dipelihara menggunakan aplikasi dengan sistem yang terintegrasi. Laporan yang dihasilkan terperinci dan lengkap, sehingga informasi yang dimuat juga lebih kaya dan akurat. Tentu ini sangat menguntungkan bagi Anda dalam memantau performa bisnis.

Menyimpan Data Tak Terbatas
Manfaat pembukuan online berikutnya adalah Anda dapat menyimpan data dalam jumlah yang tidak terbatas. Setiap aplikasi pembukuan didukung database yang memungkinkan Anda menyimpan data dalam jumlah tak terbatas. Tentu ini lebih menguntungkan dibandingkan pembukuan manual yang kerap terkendala keterbatasan ruang penyimpanan.
Hal ini juga sangat menguntungkan bagi Anda yang memiliki beragam jenis produk dalam jumlah banyak dan juga tingkat transaksi yang tinggi. Informasi yang masuk dalam aplikasi juga bisa Anda akses kapan saja dengan dukungan sistem cloud. Pencarian data juga lebih mudah, apalagi sudah banyak aplikasi menerapkan fitur filter dan kategori.

Keamanan Informasi Bisnis
Data yang tersimpan dalam pembukuan online akan lebih aman dari risiko kehilangan. Biasanya aplikasi menerapkan sistem backup dan sinkronisasi, sehingga setiap informasi yang tersedia akan tersimpan dengan aman di database. Tentunya ketersediaan informasi jangka panjang lebih memungkinkan dibandingkan penyimpanan manual.
Selain keamanan penyimpanan data, banyak aplikasi yang juga menawarkan pembatasan hak akses. Dengan demikian, Anda bisa mengatur dan menentukan siapa saja yang bisa melihat informasi keuangan usaha dan berkolaborasi untuk mengelolanya. Pengaturan ini juga memastikan data yang Anda miliki tidak jatuh ke tangan orang yang kurang tepat.

Baca Juga :
Deklarasi KBS-ACE dan AMAN di Gianyar akan Dihelat dengan Tampilan Baleganjur

5 Aplikasi Pembukuan Terbaik
Kini ada banyak aplikasi yang menawarkan layanan pembukuan online untuk menunjang pengelolaan keuangan berbagai usaha. Tentunya setiap aplikasi dibekali dengan fitur-fitur menarik yang memudahkan penggunanya dalam memelihara usaha. Berikut adalah 5 aplikasi pembukuan terbaik yang patut dicoba untuk mendukung usaha Anda.

1. Jurnal by Mekari
Jurnal by Mekari adalah aplikasi pembukuan online yang mudah untuk diakses dan dioperasikan oleh siapa saja. Jurnal by Mekari menghadirkan catatan transaksi bisnis yang terintegrasi otomatis ke laporan keuangan.
Sistem yang terintegrasi membuat Anda tak perlu repot lagi dalam menyusun pembukuan pada setiap akhir periode. Laporan keuangan akan disajikan secara lengkap melalui aplikasi dengan disertai arus kas, laporan laba rugi, hingga laporan neraca. Tentu hal ini membuat pembukuan yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan terpercaya.
Kesalahan dalam input data yang biasa terjadi karena human error juga bisa diminimalisir, sebab Jurnal by Mekari menghadirkan pencatatan transaksi melalui software otomatis. Dengan didukung informasi keuangan yang teliti dan detail, tentu akan memudahkan Anda dalam menganalisa performa dan merencanakan langkah usaha berikutnya.

2. Xero
Xero adalah aplikasi pembukuan online yang dikembangkan oleh developer dengan basis di New Zealand. Menggunakan software berbasis cloud, Xero memberikan kemudahan bagi Anda dalam mengaksesnya kapan saja. Aplikasi ini mudah dioperasikan, sehingga sesuai digunakan oleh para pelaku bisnis skala kecil hingga menengah.
Aplikasi ini bisa diakses dengan mudah melalui website menggunakan PC ataupun ponsel. Fitur-fitur yang ditawarkan pun lengkap, sehingga mampu menunjang kebutuhan pengelolaan keuangan usaha Anda. Dengan software berbasis cloud dan sistem yang terintegrasi, Anda dapat memantau kondisi keuangan perusahaan secara real-time.
Sistem tersebut juga membuat laporan yang Anda terima memuat informasi terkini yang akurat. Anda juga bisa melakukan pengarsipan serta pemulihan laporan keuangan apabila diperlukan. Dengan berbagai fitur yang tersedia, pengelolaan bisnis menjadi lebih praktis cukup dengan satu aplikasi saja.

3. Wave
Wave adalah aplikasi pembukuan online berikutnya yang hadir dengan sistem berbasis cloud. Aplikasi asal Toronto, Canada ini hadir dengan sasaran para pelaku usaha skala kecil. Dengan sistem yang dimiliki mendukung fleksibilitas dalam mengaksesnya kapan saja dengan menggunakan perangkat apa saja.
Selain sistem berbasis cloud yang menawarkan kemudahan akses, aplikasi ini juga dilengkapi fitur yang saling terintegrasi. Tak hanya pembukuan usaha, Wave juga menyediakan fitur pembayaran, penggajian dan faktur. Sehingga, berbagai data transaksi dapat dikelola dengan mudah dan praktis cukup dengan satu aplikasi saja.
Segala informasi transaksi dalam aplikasi akan tercatat dengan detail dan rapi. Informasi yang disajikan dalam laporan juga lebih informatif dan akurat, sebab segala informasi akan diperbarui secara terintegrasi antar fiturnya. Laporan yang berkualitas tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan analisa untuk mengetahui kinerja usaha.

Baca Juga :
Memasyarakatkan Uang Elektronik

4. FreshBooks
FreshBooks adalah aplikasi pembukuan online yang dikembangkan oleh 2ndSite Inc. Aplikasi yang telah ada sejak tahun 2003 ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha di berbagai negara. Menggunakan sistem berbasis web, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan PC maupun ponsel dengan sambungan internet.
Fleksibilitas akses ini juga memberikan kemudahan bagi Anda dalam memantau keuangan usaha. FreshBooks didukung oleh berbagai fitur fungsional, salah satunya adalah fitur otomasi pengingat invoice. Fitur ini dapat digunakan untuk mengumpulkan pembayaran dengan praktis dan mudah.
Keunggulan lain dari aplikasi ini adalah laporan keuangan yang tersusun dengan rapi dan lengkap. Berbagai transaksi, termasuk pengeluaran, pemasukan, laba rugi, hingga invoice tercatat dengan detail dan teliti. Laporan yang akurat dan kaya informasi ini tentu memudahkan pelaku usaha dalam menganalisa performa bisnisnya.

5. QuickBooks
Aplikasi pembukuan online terakhir yang masuk dalam daftar adalah QuickBooks. Aplikasi yang dikembangkan oleh Intuit ini hadir dengan versi akuntansi lokal dan berbasis cloud. Sistem yang berbasis cloud tersebut meungkinkan Anda untuk dapat memantau keuangan usaha dimana saja dan kapan saja.
Selain cocok untuk pemilik usaha skala kecil dan menengah, aplikasi ini juga sesuai untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak bisa terlalu sering ke kantor. QuickBooks didesain praktis dengan pengoperasian yang mudah dan fitur lengkap untuk menunjang pengelolaan keuangan usaha dalam satu aplikasi saja.
Aplikasi ini sangat fleksibel, karena bisa diakses menggunakan PC dan juga ponsel. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat fungsional, termasuk untuk menerima pembayaran, mengelola dan membayar tagihan, serta penggajian. Anda juga bisa mengatur hak akses untuk membatasi pihak-pihak yang bisa berkolaborasi dalam mengelola data keuangan.
Demikianlah berbagai manfaat pembukuan online dalam mengelola keuangan usaha. Ada banyak aplikasi yang bisa dipertimbangkan untuk digunakan. Berbagai fitur yang ditawarkan oleh aplikasi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beralih ke pembukuan online adalah keputusan tepat bagi Anda yang mendambakan kinerja efektif dan efisien. (RED-MB)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.

xnxxhd xxx18 hdxxxx xnxx hd