Foto: Pembukaan Kompetisi Badminton “Indra Lesmana Cup” di Udayana Badminton Hall, Kota Denpasar, Jumat 24 Juni 2022.

Denpasar (Metrobali.com)-

Tokoh masyarakat Denpasar yang juga pecinta olahraga Putu Indra Lesmana menggelar Kompetisi Badminton atau Bulu Tangkis se-Kota Denpasar “Indra Lesmana Cup” yang mengangkat tema “Badminton Denpasar Untuk Bali” di Udayana Badminton Hall, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar yang resmi dibuka pada Jumat, 24 Juni 2022.

“Indra Lesmana Cup” ini dibuka langsung Ketua Umum PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) Kota Denpasar Ketut Suteja Kumara didampingi Putu Indra Lesmana, tokoh Denpasar yang juga Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Bali  Nyoman Gde Sudiantara alias Ponglik serta Ketua Panitia Ketut Gede Arjana.

Kompetisi Badminton “Indra Lesmana Cup” yang akan berlangsung selama tiga hari hingga Minggu 26 Juni 2022 ini diikuti atlet badminton atau bulutangkis dari klub dan sekolah se-Kota Denpasar. Dengan jumlah peserta 151 orang atlet, terdiri atas 45 atlet putri dan 106 atlet putra, yang diikuti oleh 10 PB atau klub dan 3 sekolah se-Kota Denpasar. Ada 9 kelompok yang dipertandingkan yaitu tunggal dari pra usia dini putri sampai pemula putra.

Putu Indra Lesmana selaku inisiator Kompetisi Badminton “Indra Lesmana Cup” mengungkapkan potensi atlet di Kota Denpasar cukup besar, namun banyak yang belum muncul dan belum digali optimal. Untuk itulah kompetisi ini untuk memberikan ruang dan kesempatan para atlet pemula guna menyalurkan bakat dalam upaya untuk memunculkan bibit-bibit atlet baru di bidang bulutangkis serta juga dalam rangka mendukung program kerja PBSI Denpasar.

Mengusung tagline “Bersatu, Berjuang, Menang”, event “Indra Lesmana Cup” ini diharapkan sebagai ajang pembinaan melahirkan bibit atlet bulu tangkis belia di Kota Denpasar dan mampu memberikan prestasi untuk Kota Denpasar ke depannya.  “Indra Lesmana Cup ini yang pertama, tujuannya mencari bibit- bibit atlet sekaligus regenerasi atlet di Kota Denpasar, dan nasional,” ungkap Indra Lesmana yang juga merupakan pengurus DPW Partai NasDem Bali ini.

Baca Juga :
Obama sanksi Rusia karena intervensi Pemilu 2016

Indra Lesmana pun berkomitmen kompetisi “Indra Lesmana Cup” akan berlanjut di tahun berikutnya dan diharapkan makin besar. “Untuk kedepan akan diadakan kejuaraan open di Kota Denpasar,” ungkapnya.

Tokoh Denpasar yang juga pecinta olahraga Nyoman Gde Sudiantara alias Ponglik menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya Kompetisi Badminton “Indra Lesmana Cup” ini di tengah masa pandemi Covid-19 yang mulai mereda.

Kegiatan ini juga menjadi semacam pelepas dahaga bagi pecinta bulutangkis dan atlet muda karena selama 2,5 tahun pandemi Covid-19 melanda, kegiatan dan event-event badminton sangat terbatas dan dibatasi. “Kegiatan ini sangat bagus sekali, dimulai pada usia sejak dini,” ujar Ponglik.

Ponglik yang juga Ketua DPD Kongres Advokat Indonesia (KAI) Bali ini berharap “Indra Lesmana Cup” ini  mampu mencetak bibit unggul jadi tunas bangsa di olahraga bulu tangkis, menjadi atlet perwakilan Bali di kancah nasional dan internasional.

Ponglik berharap kepada PBSI Kota Denpasar dan pelaksana event yang lain untuk dapat mengembangkan kegiatan seperti ini secara berkelanjutan, tidak hanya dilaksanakan sekali lalu jeda. “Kontinuitas kegiatan seperti ini harus terus dilanjutkan sehingga nantinya atlet Denpasar mampu berprestasi di kancah nasional maupun internasional,” harapnya.

Apresiasi juga disampaikan Ketua Umum PBSI Kota Denpasar Ketut Suteja Kumara. Ia menilai “Indra Lesmana Cup” ini merupakan ajang kompetisi untuk atlet pemula atau kelompok umur yang memang sangat strategis mencetak bibit atlet sejak dini. Event ini memberikan peluang lahirnya atlet baru di Kota Denpasar.

“Event seperti Indra Lesmana Cup ini perlu diperbanyak dan semoga semakin banyak ada event seperti ini digerakan oleh tokoh masyarakat dan kelompok masyarakat,” harap Suteja Kumara yang juga Anggota DPRD Kota Denpasar ini.

Baca Juga :
Warganet didorong tangkal konten negatif

Ia menegaskan event seperti “Indra Lesmana Cup” ini patut didukung untuk kegiatan serupa digelar lebih banyak lagi oleh kelompok-kelompok masyarakat pecinta olahraga badminton atau bulu tangkis. Bahkan pihaknya di PBSI Kota Denpasar mendorong event seperti ini bisa digelar di setiap rayon, melibatkan Kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Denpasar.

Suteja Kumara yang juga Ketua Dewan Kehormatan KONI Kota Denpasar ini juga mengaku bangga “Indra Lesmana Cup” menjadi bagian kontribusi gotong royong masyarakat dalam memajukan olahraga badminton di Kota Denpasar tanpa harus menunggu dana dari pemerintah.

Kompetisi Badminton “Indra Lesmana Cup” ini disambut antusias para atlet pemula di Kota Denpasar dan juga mendapatkan dukungan penuh pihak orang tua. Event ini memperebutkan total hadiah 10 juta rupiah dan diharapkan lebih memotivasi para atlet pemula untuk meningkatkan skilnya dan meraih prestasi. (wid)