Denpasar, (Metrobali.com)
Desa Dauh Puri Kangin semakin menggencarkan upaya pengolahan sampah berbasis sumber dengan melakukan peluncuran 4 Bank Sampah pada Minggu (29/5) yang berlokasi di dua tempat, yakni Banjar Titih – Jalan Sumatra dan Banjar Suci-Jalan Diponegoro  Setelah sebelumnya 1 Bank Sampah Banjar Gemeh diluncurkan pada 14 Mei 2022 lalu, kini giliran Dusun Suci, Dusun Titih Kaler, Dusun Titih Tengah dan Dusun Titih Kelod yang meluncurkan bank sampah.
Hal ini disampaikan oleh Perbekel Desa Dauh Puri Kangin, Ni Ketut Anggreni Wati saat dikonfirmasi perihal peluncuran bank sampah baru di wilayahnya.
“Sebelumnya kami sudah melakukan sosialisasi terkait pemilahan sampah dan rencana dibentuknya Bank Sampah. Warga kami sangat antusias dengan hal ini. Total kini Desa Dauh Puri Kangin memiliki 5 Bank Sampah, yang semuanya kami upayakan akan maksimal untuk melakukan edukasi kepada warga dan manajemen pengolahan sampah berbasis sumber,” terang Ketut Anggreni.
Pendanaan pembentukan  Bank Sampah sendiri bersumber dari APBDes.
“Kami lakukan rapat koordinasi dan perencanaan pembentukan ini, sehingga kami betul betul ingin tepat sasaran,” lanjut Ketut Anggreni.
Peluncuran 4 bank sampah baru di Desa Dauh Puri ini, didukung oleh pihak terkait lainnya. Ini ditandai dengan hadirnya perwakilan pihak BPD, Perangkat Desa, Perwakilan OPD Tata Pemerintahan Kota Denpasar (Tapem) sebagai Bapak Angkat Desa Dauh Puri Kangin. Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar dan Asosiasi Bank Sampah Indonesia (Asobsi) Bali Bersih Kota Denpasar juga turut mendampingi dalam peluncuran bank sampah ini. (Sut)
Baca Juga :
Tuntaskan Koordinasi Saber Pungli, UPP Provinsi Bali Sambangi Buleleng