Mangupura (Metrobali.com)-

Guna meningkatkan pengetahuan dan kompetensi di bidang tata rias serta membantu menumbuhkan semangat berwirausaha agar menjadi wirausaha yang berkualitas, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung melaksanakan Pelatihan Tata Rias bertempat di Ruang Rapat Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung, Senin (18/4). Acara yang dibuka Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung  I Made Widiana ini dihadiri perwakilan dari OPD terkait serta instruktur dari Salon Agung Denpasar Anak Agung Ketut Agung.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana mengatakan bahwa Pelatihan Tata Rias berbasis Kompetensi ini sangat baik dilaksanakan karena merupakan peluang usaha di tengah pandemi ini. “Jasa tata rias tetap akan menjadi kebutuhan walaupun dalam situasi seperti sekarang ini, hal tersebut dikarenakan budaya kita di Bali yang selalu berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang tentunya sangat memerlukan jasa penata rias. Dalam kondisi seperti ini kita harus jeli melihat dan mengembangkan potensi sehingga bagi para pelaku usaha akan menemukan keunggulan yang dapat dimunculkan dari hasil produksi atau karyanya,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan agar pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan peserta serta merintis usaha dan mengembangkan peluang usaha dimasa yang akan datang. “Harapan kami  mudah-mudahan para peserta dapat terus meningkatkan kreativitas inovasi tanpa mengurangi nilai estetika, moral, adat istiadat sehingga kedepan akan menjadi penata rias yang handal dan unggul tanpa menghilangkan ciri khas budaya kita,” harapnya.

Sementara itu Ketua Panitia kegiatan I Kadek Wirya Santosa melaporkan bahwa maksud diadakan pelaksanaan kegiatan pelatihan tata rias ini adalah meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi para pelaku UMKM dan wirausaha agar mampu mendirikan usaha dan mengembangkan usaha secara profesional. Pelatihan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta terdiri dari usaha salon kecantikan dan calon wirausaha di bidang tata rias. Materi pelaksanaan adalah berdasarkan kurikulum standar LKP Salon Agung dan pelatihan dilaksanakan selama 6 hari dari tanggal 18 hingga 23 April 2022 bertempat di Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung dan dilanjutkan di LPKA Salon Agung, untuk uji kompetensi. “Dengan terlaksananya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan lebih banyak jumlah wirausaha yang berkualitas dan berdata saing,” imbuhnya.

Baca Juga :
NasDem Bali Kirim Nama Bacaleg ke DPP, Daftar ke KPU Serentak 16 Juli 2018

Sumber : Humas Pemkab Badung