Foto : Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung melaksanakan pelatihan Penyelamatan (Rescue), Selasa( 2/10) Bertempat di Dinas Kebakaran Dan Penyelamatan, Jl. Keboiwa Denpasar.

Mangupura (Metrobali.com)-

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung melaksanakan pelatihan Penyelamatan (Rescue), Selasa( 2/10) Bertempat di Dinas Kebakaran Dan Penyelamatan, Jl. Keboiwa Denpasar. Pelatihan ini diikuti oleh peserta pasukan Staf operasional dari wilayah Utara sampai wilayah Selatan pada Dinas Pemadam dan Penyelamatan Kabupaten Badung. Pelatihan Ini dibuka langsung Bupati Badung yang diwakili Asisten Pemerintahan Dan Kesra Setda Badung IB Yoga Segara dan dihadiri OPD Terkait dilingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, Perwakilan Kantor SAR Denpasar serta Para Instruktur.
Dalam Sambutan Bupati dibacakan IB Yoga Segara mengatakan Pelatihan ini sangat penting dilakukan guna untuk meningkatkan kondisi fisik maupun mental bagi pasukan pemadam kebakaran. Penguatan fisik yang diberikan agar petugas pemadam kebakaran lebih sigap dan terampil melayani masyarakat di dalam melakukan penyelamatan, sedangkan penguatan batin di berikan untuk kesiapan mental menghadapi situasi di lapangan yang membahayakan dirinya.
Lebih lanjut dikatakan bahwa tenaga operaional pemadam kebakaran tidak hanya bergelut menangani kebakaran saja, namun juga dibidang penyelamatan terhadap barang barang milik korban. Penanganan bahaya penyelamatan (Rescue) Yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana itu sendiri di harapkan dapat meningkatkan keterampilan serta menambah semangat dan dedikasi pasukan.
Lebih lanjut disadari bersama petugas pemadam kebakaran tidak bisa bekerja sendiri tetapi juga perlu peran aktif dan partisipasi masyarakat baik di sekitar lingkungan atau di manapun mereka berada.
“diharapkan kepada peserta agar mengikuti pelatihan ini dengan serius dan sungguh sungguh, mengingat pelatihan ini sangat bermanpaat bagi suksesnya upaya penyelamatan yang di berikan kepada masyarakat di kabupaten Badung dan sekitarnya,”harap Yoga Segara.
Sementara itu Ketua Panitia yang juga Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung I Wayan Wirya melaporkan bahwa maksud diadakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya Aparatur Damkar dalam melakukan penyelamatan harta benda dan korban jiwa. Sedangkan Tujuannya adalah meningkatkan kesiapsiagaan sumber daya aparatur dalam melakukan penyelamatan. Pelatihan ini berlangsung selama Tiga hari dengan jumlah peserta 60 Orang yang berasal dari staf operasional Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Badung yang berasal dari semua regu yang ada di Badung Utara sampai Badung Selatan dengan mendatangkan pengajar dan Instruktur dari SAR Denpasar dan Instruktur DAMKAR Badung.

Baca Juga :
Walikota Rai Mantra Hadiri Munas Ke-V APEKSI Kota Jambi

 

Sumber : Humas Pemkab. Badung