Bupati Giri Prasta Terima Kunjungan Bupati Jombang, Studi Banding Pembentukan PD Pasar di Badung

single-image

Bupati Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Wayan Adi Arnawa menerima Bupati Jombang beserta rombongan saat kunjungan kerja ke Puspem Badung, Jumat (15/10).

Mangupura, (Metrobali.com)

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menerima kunjungan kerja (Kunker) Bupati Jombang, Jawa Timur Hj. Mundjidah Wahab beserta pejabat terkait Pemkab Jombang di Puspem Badung, Jumat (15/10). Kunjungan ini dalam rangka studi banding serta tukar informasi terkait pembentukan dan pengembangan BUMD Pasar.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengatakan, maksud dan tujuan kunjungan ke Badung, selain meningkatkan tali silaturahmi, juga ingin sharing informasi tentang pengembangan Perusahaan Daerah Pasar di Kabupaten Badung, pasalnya di Jombang belum ada PD Pasar. “Kita di Jombang belum ada PD Pasar. Sementara pasar masuk di Dinas Perdagangan. Jadi nanti kita mau kembangkan PD Pasar seperti di Badung,” terangnya. Dari studi banding, pihaknya ingin mengetahui sejauh mana PD Pasar yang dilakukan oleh Pemkab Badung. Untuk mendapat informasi yang lebih dalam, Instansi Pemkab Jombang telah melakukan kunjungan ke lapangan. Bahkan anggota Komisi B DPRD Jombang sebelumnya sudah berkunjung ke Badung terkait hal tersebut. “Sekarang ini kami menindaklanjuti apa yang telah dilakukan Dewan. Sehingga nanti Eksekutif dan Legislatif Jombang sudah mempunyai satu pemahaman yang sama untuk pembentukan PD Pasar. Mudah-mudahan di tahun 2022 proses pembentukan PD Pasar Jombang sudah dapat dimulai,” imbuhnya. Ditambahkan, saat ini di Jombang terdapat 4 (empat) perusahaan daerah yaitu PDAM, Perusahaan Perkebunan, Aneka Usaha (apotek, lab, percetakan) serta Bank Pasar/BPR yang sudah menjadi Bank Jombang.

Sementara Bupati Giri Prasta sangat mengapresiasi kunjungan Bupati Jombang ke Kabupaten Badung. Diharapkan kedepan dapat terbangunnya sebuah kerjasama, seperti yang diinginkan salah satunya dalam pengembangan PD Pasar. Terkait dengan BUMD, Bupati menerangkan, bahwa di Badung terdapat dua perusahaan umum daerah yakni Perumda Pasar Mangu Giri Sedana dan Perumda Air Minum Tirta Mangutama. Dijelaskan, Perumda Pasar Mangu Giri Sedana bergerak dibidang jasa dan perdagangan dengan mengelola 10 pasar rakyat. Perumda pasar ini menjalankan aktivitas utama yaitu revitalisasi pasar rakyat, meningkatkan kinerja usaha perdagangan, stabilisasi harga pangan dan memberikan tempat bagi UMKM. Target kinerja Perumda Pasar yaitu melakukan pelayanan umum di bidang perpasaran dengan memberikan kontribusi bagi PAD Badung. Melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan. Menjalankan penugasan mengelola Controlled Atmosphere Storage (CAS) sebagai tempat menampung produksi pertanian seperti cabai, bawang merah dan bawang putih dari petani ketika panen berlebih, kemudian akan dilepas jika ada kenaikan harga agar ada kestabilan harga.

Baca Juga :
Tanah di Hotel Bali Hyatt Status Quo, DPRD Bali Persoalkan IMB Walikota Denpasar

Ditambahkan, ada dua inisiatif yang menjadi terobosan atau inovasi dalam bidang pemasaran/layanan pelanggan. Inisiatif pertama, menerapkan Sistem Iuran Pengelolaan Pasar Elektronik (SIPP) berupa e-retribusi pasar rakyat yang dikelola. SIPP pertama kali diterapkan tahun 2018 di Pasar Hewan Beringkit bekerjasama dengan BPD Bali, bahkan timbangan digital juga sudah digunakan pada timbangan sapi. Layanan e-retribusi ini akan dikembangkan dalam bentuk digitalisasi sistem pembayaran dalam bentuk QR Code untuk mempermudah dan mempercepat transaksi. Inisiatif kedua, memberlakukan e-parkir untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat. “Dengan kedua sistem ini transaksi akan lebih efisien, dapat meminimalisir terjadinya kecurangan sehingga dapat mengurangi kebocoran pendapatan, meningkatkan pengetahuan SDM tentang IT dan mengedukasi pedagang untuk bertransaksi menggunakan e-money,” imbuhnya. (RED-MB)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.