IMG-20170919-WA0057
Tiga titik hotspot kebakaran hutan di sekitar gunung agung (gambar dari satelit Aqua dan Tera dari LAPAN) /MB(ist)
Denpasar, (MetroBali.com) –
Berdasarkan laporan dari PVMBG dan pantuan visual dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung, hingga Selasa (19/9) pukul 06.00 wita, belum terjadi hujan abu. Gunung Agung belum meletus dan mengeluarkan hujan abu.
Hal ini disampaikan oleh Sutopo Purwo Nugroho,
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB. “Pantauan satelit Himawari dari BMKG juga menunjukkan bahwa belum terdeteksi adanya hujan abu di sekitar Gunung Agung,” ungkapnya dikonfirmasi Selasa (19/9).
Hasil analisis satelit Aqua dan Terra dari Lapan menunjukkan adanya 3 hotspot kebakaran hutan dan lahan di sekitar Kubu Kab Karangasem (sebelah utara-timur laut) kawah Gunung Agung dalam waktu 24 jam terakhir.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya informasi hujan abu dan foto-foto yang beredar di sosmed adalah tidak benar hujan abu dari aktivitas vulkanik Gunung Agung. Kemungkinan itu adalah material abu dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sekitar Gunung Agung.
Aktivitas Gunung Agung terus dipantau intensif oleh PVMBG selama 24 jam. Setiap informasi disampaikan kepada BNPB dan BPBD. Pemerintah terus mengambil langkah-langkah antisipasi.
“Masyarakat dihimbau untuk tenang. Jangan terpancing isu-isu menyesatkan. Saat ini banyak beredar hoax dan informasi yang menyesatkan sehingga menimbulkan keresahan. Sebarkan fakta dan informasi yang benar,” pintanya. SIA-MB
Baca Juga :
Penguatan Aturan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan Dibutuhkan