Gianyar (Metrobali.com) –
Bupati Gianyar AA Gde A Bharata sambut baik rencana Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Payangan, dalam meningkatkan pembangunan yang berbasis pemberdayaan masyarakat. “Apapun demi masyarakat selama tidak bertentangan dengan hukum dan aturan yang berlaku, akan kami lakukan,” ungkap AA Gde A Bharata saat menerima audiensi BKAD Kecamatan Payangan di Ruang Kerja Bupati Gianyar, Rabu (3/4).
Ketua BKAD Kecamatan Payangan I Nyoman Kandel menyatakan situasi kelembagaan BKAD Payangan awalnya dibentuk atas fasilitasi PNPM Mandiri,  telah berkembang menjadi lembaga yang dibutuhkan masyarakat. BKAD merupakan lembaga bentukan masyarakat kecamatan Payangan guna mengelola pembangunan partisipatif yang berbasis pemberdayaan masyarakat, seperti dalam pelaksanaan PNPM Mandiri, PIK (Pagu Indikatif Kecamatan) dan program pemberdayaan masyarakat lainnya yang ada di Kecamatan Payangan. 
Pentingnya keberadaan BKAD mengharuskan pengurus dan kelembagaan yang ada bekerja ektra, semua dilakukan demi kelancaran program maupun pembangunan yang digelontorkan ke masing-masing desa. Keberadaan pelaku program dan fasilitas kantor merupakan kebutuhan pokok yang seharusnya ada, dalam rangka mengoptimalkan kinerja dan pelaksanaan program.
BKAD Payangan sampai saat ini belum memiliki kantor yang tetap. Sebelumnya, atas inisiatif semua anggota BKAD dan pelaku PNPM Mandiri Kecamatan Payangan, mereka membangun kantor dengan swadaya yang lokasinya di sekitar Kantor Camat Payangan.  Dalam perkembangannya kantor BKAD yang dibangun dengan swadaya dipergunakan Camat Payangan untuk kebutuhan lain, maka sejak saat itu BKAD Payangan tidak memiliki kantor. 
Mengantisipasi hal tersebut, BKAD Payangan tidak tinggal diam, mereka berusaha mencari tempat guna dijadikan kantor. Di areal terminal Payangan ada kantor Dinas Perhubungan yang memiliki kapasitas ruangan yang cukup luas. Atas keputusan Musyawarah Antar Desa Kecamatan Payangan, akhirnya BKAD meminjam tempat tersebut. Namun sampai saat ini BKAD masih ragu tentang keberlanjutan ruangan yang dipergunakan sekarang. 
Atas dasar itulah pengurus dan kelembagaan BKAD memastikan ke Bupati agar ruangan milik Dinas Perhubungan yang dipinjam sekarang bisa dimampaatkan guna menghindari hal sebelumnya.   Jika ruangan tersebut sudah pasti bisa dipergunakan sampai BKAD memiliki gedung baru, maka rencananya akan di renovasi. Hal tersebut dilaksanakan guna mempersiapkan BKAD Kecamatan Payangan sebagai wakil Provinsi Bali, mengikuti lomba Si Kompak Award ke tingkat Nasional.
Pemerintah Kabupaten Gianyar menyambut baik inisiatif BKAD Payangan dalam membantu menyelaraskan pembangunan partisipatif di  Gianyar. Pemkab Gianyar juga telah mewadahi semua program pemberdayaan masyarakat ke dalam program paras-paros sejak 2011 lalu. Kedepan AA Gde Agung Bharata, akan mengupayakan dan mengkoordinasikan dengan pihak terkait agar apa yang menjadi kebutuhan masyarakat bisa diakomodir, hal tersebut guna mengoptimalkan komunikasi antar semua pelaku pembangunan Gianyar. TRA-MB
Baca Juga :
Menkopolhukam dirawat di RSUD Berkah Pandeglang