Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung melakukan Gerakan Penanaman  Pohon, pada Jumat, 13 Maret 2020. 

Mengwi, Badung (Metrobali.com)-

Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung melalui Sekretariat Daerah (Setda) Bagian Pembangunan dan Perangkat  Desa Werdi Bhuwana serta berbagai elemen masyarakat dan komunitas, bersama-sama melakukan kegiatan positif berupa Gerakan Penanaman  Pohon, pada Jumat, 13 Maret 2020.

Berlokasi di area wailayah Desa Werdi Bhuana, gerakan ini bertujuan sebagai upaya konservarsi sumber mata air dan juga sebagai salah satu bentuk tanggung jawab social dan moral perusahaan kepada lingkungan dan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Selain penanaman pohon yang secara seremonial dilakukan di area Br. Sayan Delodan, juga dilakukan serah terima tempat sampah pemilihan kepada pengurus Br. Sayan Delodan sebagai komitmen CCAI terhadap kebersihan lingkungan.

Pihak CCAI akan memberikan sumbangan  bibit sejumlah total 1000 bibit pohon produktif yang akan disalurkan ke tiap Banjar di Desa Werdi Bhuwana.

Bibit pohon ini akan dirawat oleh pihak Desa Werdi Bhuana sebagai salah satu potensi  ekonomi alternative yang dapat dikembangkan oleh masyarakat.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari berbagai elemen perangkat daerah dan juga komunitas masyarakat setempat.

Turut hadir dan sekaligus membuka kegiatan ini Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa, beserta jajaran perangkat daerah Kabupaten Badung.

Wabup Suiasa saat diwawancarai mengatakan, atas nama pemerintah Kabupaten Badung sangat menyambut baik dan positif kegiatan penanaman pohon penghijauan yang diinisiasi oleh PT. Coca Cola Amatil Wilayah Bali Nusra ini.

“Kegiatan penanaman pohon ini sangat bermanfaat bagi pelestarian alam beserta segenap ekosistem, juga perlindungan terhadap sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh seluruh umat manusia yakni air, ” kata Suiasa.

Sementara itu, menurut Perbekel Werdi Bhuana Wayan Kardana, di Kecamatan Mengwi sendiri memiliki 67 titik mata air yang terbesar di seluruh kecamatan.

Khusus di Desa Wedhi Bhuana, kata Kardana terdapat 4 mata air kecil dimana mata air ini merupakan potensi sumber daya yang sangat penting sehingga harus dipelihara keberadaan, sifat dan fungsi serta keberlanjutannya.

“Untuk itu, guna menjaga ketersediaan mata air tersebut, selain hal-hal kecil yang mudah dilakukan sebagai individu, ada pula aksi nyata secara kolektif yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan sumber air. Salah satunnya adalah penanaman pohon di kawasan sumber mata air yang dapat berfungsi sebagai penyerap air dan penyangga tanah khususnya mata air di wilayah Desa Werdhi Bhuana yang merupakan hulu dari Telaga Taman Ayun Mengwi sebagai sumber irigasi dari beberapa subak yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

Pihak Coca Cola melakukan kegiatan penaman pohon ini juga sebagai rangkaian dala menyambut Hari Air Sedunia yang jatuh  pada tanggal 22 Maret 2020.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, CCAI sebagai warga usaha Kabupaten Badung dapat memberikan konstribusi yang tepat sasaran dan tepat manfaat untuk pelestarian lingkungan dan berkelanjutan masyarakat di Werdi Bhuana”, ujar Armytanti Hanum Kasmito, Regional Corporate Affairs Manager CCAI.

Kolaborasi kegiatan ini turut didukung oleh berbagai elemen pemerintah dan masyarakat diantaranya dihadiri oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Badung, Camat Mengwi, Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) Kabupaten Badung, elemen masyarakat Desa Werdi Bhuwana, Komunitas dan pihak Sekolah di sekitar lokasi kegiatan.

Editor : Hana Sutiawati