Hadirkan Fitur Grup yang Lebih Besar, Akun Resmi dan Berbagai Fitur Menarik Lainnya.

Jakarta (Metrobali.com)-

Versi terbaru BBM Messenger sarat dengan perbaikan pada Grup, fitur yang telah dinanti-nantikan, seperti BBM Desktop beta, akun resmi, kemampuan berbagi dokumen yang lebih baik untuk Android, manajemen penyimpanan untuk iOs, dan banyak fitur menarik lainnya. Pastikan untuk memperbarui aplikasi BBM Messenger pengguna hari ini melalui Google Play atau App Store.

Grup Lebih Baik dari Sebelumnya: mampu menampung anggota enam kali lipat lebih banyak, terdapat status “D” dan “R”

Grup biasanya dibatasi hingga 50 orang. Kini, grup dapat menampung 300 anggota, enam kali lebih banyak untuk pengguna Android and iOS. Setiap kali pengguna membuat Grup baru di BBM versi terbaru, pengguna akan mendapatkan pilihan untuk tetap menggunakan pengaturan versi sebelumnya, dengan kapasitas 50 orang, atau pengaturan baru, dengan kapasitas 300 orang.

Kini grup juga akan memiliki catatan tentang status terkirim/delivered (D) dan dibaca/read (R) untuk setiap anggota dalam grup. Ketika anggota grup mengirim pesan, mereka akan dapat melihat siapa yang telah menerima pesan dan siapa yang telah membacanya. Untuk melihat status, tekan lama pesan yang dikirim oleh pengguna pada halaman obrolan dan pilih Info.

Fitur baru notifikasi ini meningkatkan interaksi grup, karena kini pengirim akan mengetahui siapa yang telah melihat dan membaca pesan mereka.

 

BBM Desktop Beta Memperluas Potensi Obrolan

BBM mengumumkan bahwa versi ini menandai peluncuran BBM Desktop beta untuk pengguna Android, memperluas obrolan mereka ke desktop sehingga mereka dapat mengobrol dengan lancar di semua jenis perangkat. Untuk saat ini, BBM Desktop beta hanya akan tersedia untuk beberapa pengguna tertentu.

 

Untuk menggunakan BBM Desktop beta:

  1. Pengguna Android tertentu akan melihat ikon BBM desktop pada tab “Me”.

  2. Klik tautan untuk membuka barcode scanner.

  3. Buka web.bbmessaging.com di desktop dan scan barcode.

Jika pengguna tidak melihat ikon “Desktop” pada BBM, tidak perlu khawatir, BBM akan segera meluncurkan versi lengkap untuk seluruh pengguna dan akan segera memberi tahu pengguna segera setelah versi tersebut siap digunakan.

Di Desktop beta, pengguna dapat:

  • Memilih untuk melihat semua obrolan mereka dalam daftar atau Grup

  • Mencari obrolan tertentu dari bilah penelusuran

  • Mencari Kontak untuk membuat obrolan baru

  • Menemukan kontak berdasarkan atas abjad dengan huruf pertama dari nama mereka

  • Melihat pesan yang disiarkan dari Saluran langganan mereka

BBM akan terus menguji fitur baru yang sangat menarik ini dalam beberapa minggu ke depan, mengatasi semua masalah dan mempersiapkan untuk tampilan prima.

Memperkenalkan Akun Resmi untuk Indonesia

Dalam versi terbaru ini, BBM juga dengan bangga meluncurkan Akun Resmi, yang menyediakan cara mudah bagi mitra BBM untuk berkumpul dan berinteraksi dengan audiens atau pengikut mereka. Brand, bisnis, dan bahkan selebriti kini dapat menyesuaikan pesan mereka ke pengguna yang berlangganan akun mereka, memberi mereka kontrol lebih besar dalam hal bagaimana mereka ingin menargetkan dan menjangkau pengikut mereka.

Fitur ini tersedia pada Android dan iOS, dan saat ini hanya tersedia untuk Indonesia.

Untuk Brand, Akun Resmi memungkinkan mereka untuk menyediakan konten secara tepat waktu dan bernilai tambah, seperti, kontes, kode promosi, dan materi pemasaran, kepada konsumen dan pelanggan mereka. Bisnis juga dapat memanfaatkan Akun Resmi sebagai alat untuk mengirim pesan otomatis untuk komunikasi internal. Selebriti dapat dengan mudah terlibat dan meng-update fans mereka tentang aktivitasnya, mengunggah foto dan video, menginformasikan jadwal pertemuan dengan fans, meluncurkan single, album, drama atau film terbaru.

Cara bergabung dengan Akun Resmi sebagai pengguna:

  • Dari tab Kontak, klik “Akun Resmi”

  • Bergabung dengan Akun Resmi apa pun dengan mengklik ikon ‘+’

Pengguna akan mulai menerima update, pesan, dan konten/postingan dari Akun Resmi, dan dapat berkomentar, menyukai konten/posts dan berbagi dengan kontak BBM pengguna.

Untuk Android: Berbagi Lebih Banyak Dokumen, Tampilkan Paket Stiker

Pengguna Android kini dapat berbagi jenis dokumen apa pun lebih cepat melalui obrolan 1:1 dan Grup. Dalam obrolan 1:1, ini adalah peningkatan dari yang telah ada sebelumnya sehingga pengguna dapat mengirim dan menerima PDF, file Microsoft office, RAR dan file ZIP, bahkan ke pengguna versi lama BBM. Selama pengirim memiliki BBM terbaru, file akan diproses.

Untuk pengguna Android, ketika pengguna mendapatkan stiker BBM, pengguna dapat memberi tahu teman dan keluarga untuk melihat contoh. Setiap kali pengguna mengunduh paket stiker baru, kini pengguna memiliki opsi untuk berbagi preview pada timeline. Klik OK, dan BBM akan mengurus sisanya.

 

Untuk iOS: Kelola Penyimpanan, Panggil dari Kontak, Tanggapi Lebih Cepat

Mengirim foto, GIF, pesan suara video dan dokumen dalam obrolan pengguna dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan setelah beberapa saat. Kini, pengguna iOS dapat mengelola penyimpanan berdasarkan atas jenis konten dalam obrolan individu (seperti yang telah dapat dilakukan pengguna Android sejak rilis bulan lalu). Buka Pengaturan > Penggunaan Data dan Penyimpanan > Penggunaan Penyimpanan, di mana pengguna dapat melihat obrolan yang diurutkan berdasarkan ruang yang mereka konsumsi (terbesar di atas). Pilih obrolan untuk melihat rinciannya dan putuskan apa yang harus disimpan dan apa yang harus dihapus dari daftar.

Versi BBM terbaru lebih terintergrasi dengan aplikasi iOS awal penggguna. Kini pengguna dapat melakukan panggilan BBM Voice dan Video dari Kontak. Cukup pilih kontak, dan tekan lama panggilan atau ikon video, dan pilih BBM.

Pengguna tentu melihat notifikasi BBM yang muncul di bagian atas layar ketika menerima pesan. Sekarang, notifikasi sudah menjadi lebih pintar. Kini pengguna dapat melihat pesan, membalas dengan cepat atau mematikan semua dari bar notifikasi, tanpa harus membuka BBM. Saat notifikasi muncul, ketuk untuk membuka opsi baru.

 

Ubah Tampilan BBMoji! Akses Baru Tab “Me”

Pengguna Android dan iOS kini dapat memperbarui stiker BBMoji pribadi mereka, mengedit apa yang sudah dimiliki pengguna, atau menambahkan selfie baru. Membuat perubahan lebih cepat dari sebelumnya, karena pengguna sekarang dapat mengakses BBMoji dari tab “Me”. Pada tab “Me”, cukup klik BBMoji untuk mengganti selfie lama pengguna dengan yang baru.

 

Pesan Sibuk Baru dan Nada di Layar Panggilan

Jika pengguna menelepon seseorang yang sedang melakukan/menerima panggilan pada BBM, kini pengguna akan melihat pesan dan mendengar nada di layar panggilan. Sebelumnya, panggilan yang sibuk akan mengirim pengguna kembali ke layar obrolan dengan pesan umum yang menyatakan bahwa penerima sibuk. Sekarang, pengguna berada di antarmuka panggilan (call interface), dan BBM akan memberi tahu pengguna bahwa kontaknya sedang melakukan/menerima panggilan lain. Peningkatan ini tersedia pada versi BBM di Android dan iOS.

Semua peningkatan ini hanyalah peningkatan utama yang disorot BBM. Pastikan untuk meningkatkan aplikasi BBM Anda melalui Google Play atau App Store hari ini untuk mendapatkan peningkatan selanjutnya.

Editor : Whraspati Radha