nusa penidaNusa Penida (Metrobali.com)-

Sejumlah objek wisata di Pulau Nusa Penida yang lokasinya terpisah dengan daratan Bali yang masuk wilayah Kabupaten Klungkung ramai dkunjungi wisatawan domestik serangkaian libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Pelabuhan Penyeberangan Tribuasa, Desa Kusamba, Klungkung maupun dari Pantai Sanur, Kota Denpasar meningkat signifikan dibanding hari-hari biasa, demikian hasil pantauan Antara, Jumat (8/7).

Wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia maupun dari Bali sendiri banyak berkunjung ke Nusa Penida yang memiliki panorama pemandangan yang indah.

Objek wisata Nusa Penida tersebut antara lain Pantai Atuh, Pasih Uug, Angel Billabong, Bukit Teletabies dan sejumlah tempat suci umat Hindu.

Wisata spiritual bagi masyarakat Bali untuk melakukan persembahyangan ke sejumlah Pura antara lain Pura Pentaran Ped, Giri Putri dan Puncak Mundi.

Selain itu juga Pura Palungan yang terletak di Dusun Karangdawa, Desa Bungamekar mengalami hal sama karena lokasi pura sangat eksotik sambari wisata spiritual juga melihat keindahan alam pantai Kelingking.

“Banyak pelancong memanfaatkan liburan lebaran berwisata ke Nusa Penida baik wisata spiritual maupun menikmati pesona pemandangan alam. Lonjakan penumpang penyeberangan menambah trip dari Kusamba sebanyak 12 kali dan sebaliknya dari Nusa Penida sebanyak 13 trip, ” kata pengelola Gangga Express I Nyoman Landep.

Ia memperkirakan lonjakan penumpang terus berlangsung hingga liburan usai. Lonjakan kunjungan tidak hanya dialami Nusa Gede, Nusa Lembongan lebih ramai lagi.

Sedangkan wisatawan mancanegara juga ada yang berbaur berkunjung ke Nusa Penida umumnya dari China, namun jumlahnya tidak begitu banyak.

I Gusti Agung Made Surya Kharma, seorang warga dari Kabupaten Badung mengajak anggota keluarganya berlibur ke Nusa Penida sekaligus melakukan persembahyangan ke sejumlah pura. Sumber : Antara