Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Presiden China serukan lawan proteksionisme dan unilateralisme

Metro Bali
single-image

Presiden China Xi Jinping (depan enam kanan) foto bersama para kepala dan pejabat negara lain usai membuka Pameran Impor Internasional China (CIIE) ke-2 di Shanghai. Tampak pula Menko Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan (depan dua kanan). (ANTARA/HO-Xinhua/mii)

Beijing (Metrobali.com) –
Presiden China Xi Jinping menyerukan kepada dunia untuk melawan segala bentuk proteksionisme dan unilateralisme.

“Kita perlu bergandengan tangan. Kita perlu merobohkan dinding, bukan membangun dinding. Kita berdiri tegak menentang proteksionisme dan unilateralisme,” kata Presiden Xi saat membuka Pameran Impor Internasional China (CIIE) di Shanghai, Selasa.

Dalam acara itu yang dihadiri sejumlah pejabat dari negara lain, termasuk Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut  B.Panjaitan, Xi mengajak dunia untuk bersama-sama menghapus hambatan-hambatan perdagangan global.

“Semua persoalan harus diatasi dengan semangat kebersamaan dan saling pengertian. Tidak ada satu negara yang bisa menyelesaikan persoalan seorang diri sehingga diperlukan kerja sama,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) itu.

Ia berjanji akan terus membuka diri terhadap dunia dengan membuka lebar-lebar pasar dalam negerinya.

Dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,4 miliar jiwa dan masyarakat berpendapatan menengah terbesar di dunia, lanjut Xi, tentu China merupakan pasar yang sangat menggiurkan.

“Apa yang ingin saya katakan hari ini bahwa pasar China yang begitu besar ini sudah selayaknya Anda datangi untuk memberikan tawaran,” katanya.

China akan terus menurunkan tarif dan berupaya menyeimbangkan ekspor dan impornya serta perdagangan dan industri, demikian sambutan Xi yang beredar secara luas di media-media resmi China itu.

CIIE tahun ini merupakan pameran produk-produk impor yang kedua. “Pada penyelenggaraan yang pertama tahun lalu di tempat yang sama, 98 kesepakatan telah dicapai yang terdiri atas 23 sudah komplit pelaksanaannya, 47 telah menunjukkan kemajuan proses, dan 28 sudah siap diimplementasikan,” ujar Xi memerinci.

Baca Juga :
Pemerintah Fokus Pariwisata Berbasis Pertanian

Dalam CIIE kedua di kota termaju di China itu, sejumlah pejabat dan pengusaha dari Indonesia turut hadir. (Antara)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.