Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Penderita HIV/Aids di Jember Capai 1.056 Orang

Metro Bali
single-image

Jember (Metrobali.com)-

Jumlah penderita yang terinfeksi “human immunodeficiency virus and acquired immuno deficiency syndrome” (HIV/AIDS) di Kabupaten Jember, Jawa Timur, mencapai 1.056 orang Koordinator Konselor Klinik VCT Rumah Sakit Daerah dr Soebandi Jember, dr Justina Evy Tyaswati, Minggu (1/12), mengatakan jumlah penderita HIV/AIDS di Jember cenderung mengalami peningkatan setiap tahun dan pasien terdeteksi saat melakukan pemeriksaan di klinik VCT.

“Kami menemukan sebanyak 228 penderita baru HIV/AIDS selama tahun 2013 dan 12 pasien di antaranya adalah anak-anak di bawah lima tahun (balita),” tuturnya.

Menurut dia, jumlah kasus HIV di Jember terus ditemukan setiap tahun, bahkan dua tahun terakhir ini ada tren meningkat dari kalangan ibu rumah tangga karena tertular dari suaminya.

“Ratusan ODHA baru yang ditemukan tahun ini sebagian besar memeriksakan diri ketika masuk stadium tiga, sehingga mereka harus mengonsumsi ARV (anti-retroviral) karena stadium tersebut cukup berbahaya bagi penderita AIDS,” paparnya.

Sementara itu, puluhan aktivis, masyarakat dan ODHA melakukan aksi damai melakukan “longmarch” dan menggalang tanda tangan untuk memperingati Hari AIDS Sedunia di alun-alun Kecamatan Ambulu.

“Tanda tangan itu untuk menggalang dukungan menolak stigma buruk terhadap ODHA karena mereka juga manusia seperti yang lainnya yang membutuhkan kasih sayang dan motivasi dari orang lain, bukan dijauhi,” kata Ketua Panitia Dewi Rokhmah.

Menurut dia, bersalaman bahkan berangkulan dengan ODHA sama sekali tidak masalah karena hal tersebut tidak membuat seseorang tertular HIV/AIDS, sehingga mereka tidak perlu dikucilkan dan diasingkan.

“Dengan momentum peringatan Hari AIDS, saya berharap masyarakat dapat memberikan motivasi kepada ODHA dan tidak menambah jumlah penderita HIV/AIDS di Jember,” ujarnya.

Dalam aksi damai itu, mobil layanan tes VCT HIV dari Puskesmas Puger juga disiapkan bagi masyarakat yang berisiko tinggi tertular penyakit mematikan itu, agar memeriksakan darahnya untuk tes HIV dan dijamin kerahasiaannya. AN-MB

Bagikan :
Baca Juga :
POGI: Terkait UU Aborsi, Bentuk Lembaga Khusus Aborsi

Leave a Comment

Your email address will not be published.