Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pembukaan Pesta Kesenian Bali Dimajukan 13 Juni 2014

Metro Bali
single-image

 PKB12es

Denpasar (Metrobali.com)-

Serimonial pembukaan perhelatan seni budaya tahunan, Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 tahun ini akan dimajukan sehari dari jadwal yang telah direncanakan sebelumnya, dari hari Sabtu, (14/6) berubah menjadi hari Jumat, (13/6). Langkah ini terpaksa dilakukan oleh panitia penyelenggara dalam hal ini Dinas Kebudayaan (Disbud) Bali sebagai upaya untuk mengapresiasi komitmen presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar dapat berpartisipasi saat pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-36 tahun ini. Maklum, pada hari Sabtu,(14/6) presiden SBY harus melakukan kunjungan kenegaraan ke luar negeri.

Hal ini diungkapkan oleh Ida Ayu Putri Masyeni, selaku Kabid Kesenian dan Perfilman Disbud Bali di ruang kerjanya, Rabu (4/6). Dia menegaskan bahwa segala bentuk persiapan serimonial baik pawai arak-arakan kesenian di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali (MPRB), Renon Denpasar pada siang hari pukul 14.00 wita dan pembukaan PKB di panggung terbuka Adha Candra (art centre) Bali, Denpasar pada malam hari pukul 20.00 wita telah memasuki tahap akhir.

Hanya saja, katanya, terjadi sedikit perubahan karena jadwal pembukaan PKB dimajukan sehari dari jadwal sebelumnya menjadi Jumat 13 Juni 2014. Akibat perubahan ini konsekuensinya ada duta seni dari Jogjakarta dengan terpaksa tidak bisa mengikuti acara pawai arak-arakan kesenian dalam pembukaan PKB nanti. Seperti biasa setelah dilepas secara langsung oleh presiden SBY dengan ditandai pemukulan kentongan pawai arak-arakan kesenian dalam pembukaan PKB nanti akan diawali dengan persembahan Tari Siwa Nata Raja dengan iringan Adi Merdangga yang melibatkan puluhan mahasiswa dan dosen Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Pawai arak-arakan kesenian dalam pembukaan PKB tahun ini melibatkan sebanyak 15 duta seni yang terdiri atas kontingen Kabupaten/Kota, partisipasi dari luar daerah dan luar negeri seperti Indian Culture, dan Nusa Tenggara Timur, serta dimeriahkan partisipasi dari Kodam IX Udayana, Kopertis Perguruan Tinggi Swasta, dan Drum Band Udayana. Durasi waktu atraksi kesenian dalam pawai arak-arakan kesenian dalam pembukaan PKB tahun ini dibatasi selama 2,5 jam. Mengingat, seperti biasanya presiden harus mengikuti serimonial pembukaan PKB di panggung terbuka Ardha Candra (arts centre) Bali, Denpasar pada malam hari, dan sekaligus menyaksikan pementasan oratorium Rama Sita Prana Bhuwana persembahan ISI Denpasar.

Sementara itu, untuk mengisi acara pada 14 Juni 2014, rencananya partisipasi dari Kodam IX Udayana akan memeriahkan dengan pementasan bertajuk Menyamabraya dengan persembahan berupa Tari dan Lagu Nusantara. Tentunya, sesuai dengan tema PKB taun ini, yakni Kertamasa : Dinamika Kehidupan Masyarakat Agraris Menuju Kesejahteraan Semesta.

Untuk jadwal kegiatan lainnya tidak ada perubahan, termasuk penutupan PKB tetap sesuai jadwal sebelumnya, pada 12 Juli 2014. “Apabila ada perubahan jadwal dari duta seni partisipan yang ingin tampil di PKB tahun ini sifatnya tidak tetap dan harus menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan,” tegasnya. WB-MB

Bagikan :
Baca Juga :
KPK Tetapkan Rusli Sibua Tersangka Penyuap Akil Mochtar

Leave a Comment

Your email address will not be published.