Pekan Eropa 2015 di Indonesia Dimulai

Metro Bali
single-image

EU on the move 5K

Jakarta (Metrobali.com)-

Pekan Eropa 2015 yang diselenggarakan oleh Uni Eropa di Indonesia dimulai dari 1 Mei hingga 13 Mei 2015.

Pelaksana Tugas Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Colin Crooks, saat acara maraton yang bertajuk “EU on the move 5K” di Jakarta, Minggu (3/5), mengatakan dalam Pekan Eropa 2015 akan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang meliputi seni, kebudayaan, kerja sama, olahraga dan pendidikan.

“Banyak yang bisa ditemukan selama Pekan Eropa 2015 di Indonesia yang bisa mempererat hubungan politik, ekonomi hingga pertukaran budaya,” ucapnya.

Serangkaian kegiatan tersebut, di antaranya “Festival Film Europe on Screen” yang berlangsung dari 1 hingga 10 Mei 2015 di enam kota di Indonesia, meliputi Jakarta, Bandung, Denpasar, Medan, Surabaya dan Yogyakarta.

“Dengan Europe on Screen, kami menyebarluaskan pesan atas pemahaman antarbudaya, mempersembahkan 62 film dari pembuat dan produser film ternama dari Eropa,” tuturnya.

Di bidang olahraga, lari maraton sejauh lima kilometer yang bertajuk “EU on the Move 5K” juga meramaikan jalan-jalan protokol, yakni Jalan Sudirman mulai dari Gedung Sampoerna Strategic hingga garis “finish” di Gedung Intiland atau kantor pusat European Union Indonesia.

Colin mengatakan hasil penjualan tiket, yakni Rp50.000 per peserta akan disumbangkan kepada anak-anak kurang beruntung.

“Ketika mencapai garis finish, peserta juga berkesempatan belajar tentang kebudayaan berbagai negara yang tergabung dalam European Union, juga ada gerai makanan khas serta rias wajah bendera negara-negara tersebut,” ujarnya.

Die menambahkan pada 5 Mei mendatang akan diluncurkan “Blue Book 2015”, yakni laporan tahunan kerja sama pembangunan Uni Eropa-Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta.

“Presentasi akan diikuti dengan diskusi terkait lingkungan dan perubahan iklim dengan panelis, termasuk Duta Besar Prancis, Jerman dan Belgia,” tambahnya.

Baca Juga :
Petugas Melakuan Pungli Akan Diberi Sanksi Tegas

Di bidang pendidikan, akan diselenggarakan Schoolarship Info Day Eropa-Indonesia pada 9 Mei di Hotel Grand Sahid Jaya, yang meliputi serangkaian kegiatan, di antaranya presentasi dan informasi terkait pendidikan di Eropa.

Pada 11 hingga 13 Mei, Pekan Eropa diselenggarakan dengan kerja sama Universitas Gadjah Mada terkait kursus bahasa, presentasi kesempatan bea siswa di Eropa, bazar, pameran dan pertunjukan. AN-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.