Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Kecak Kolosal Akan Warnai Pembukaan PF2N/SVF

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Tari mahapuja dan kecak kolosal bakal mewarnai pembukaan Pekan Flori Flora Nasional (PF2N)/Sanur Village Festival (SVF) yang rencananya akan diresmikan Menteri Pertanian bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Sabtu (19/11).

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Jumat, mengatakan, kegiatan bertaraf nasional itu selain memperkenalkan berbagai varietas baru juga untuk mengangkat potensi hortikultura dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kami ingin budaya pertanian semakin maju dan komoditasnya dicintai masyarakat,” kata orang nomor satu di Denpasar.

Dia mengatakan, selain dimeriahkan tari kolosal, pembukaan secara resmi oleh dua menteri ditandai dengan penancapan “kayonan” atau “gunungan” yang bisanya digunakan dalam pewayangan.

Kayonan ini merupakan simbol alam yang dalam acara tersebut diwujudkan dalam jambore varietas dan bonsai yang diikuti oleh pelaku usaha di bidang itu dari seluruh Tanah Air.

Menurut Rai Mantra, peserta pameran dari seluruh negeri itu telah rampung menyiapkan anjungan masing-masing. Begitu juga areal PF2N/SVF dengan berbagai dekorasi bernuansa bunga dan tanaman siap menyambut para undangan serta pengunjung.      Para seniman pendukung prosesi pembukaan juga telah merampungkan sesi latihan untuk tampil maksimal pada pembukaan perhelatan akbar itu.

Dia menjelaskan,  selain dihadiri dua menteri, puluhan wali kota dan bupati se-Indonesia juga telah hadir sejak Kamis (17/11).

Ketua Panitia PF2N/SVF IB Sidartha Putra mengatakan, telah menyiapkan acara pembukaan dengan maksimal dan menjanjikan “Flower Fiesta” yang sangat meriah.

Hal yang membedakan dengan pembukaan PF2N tahun sebelumnya, kali ini disajikan tari kolosal yang kental dengan nuansa Bali dan hortikultura.

“Kami akan menyuguhkan yang terbaik dari Bali untuk Indonesia,” kata Sidharta.

Baca Juga :
Golkar : Kubu ARB Akan Puasa Bicara

Selain acara pembukaan, sejak Jumat pagi sejumlah kegiatan digelar di ajang PF2N, antara lain panen melon di Jambore Varietas, workshop Mendongkrak Agribisnis Florikultura Berkelanjutan,  kursus vertikutur, kursus pascapanen cabe merah, lomba merangkai buah, dan lomba olahan jamur.

Para pengunjung dapat menikmati pameran komoditas dan produk pertanian dari berbagai daerah.

Sedangkan SVF menyajikan demo kartun, coral plantation, lari karung, lari terompah, kelas yoga, sepeda sehat, dan aneka water sport yakni surfing, kite surfing dan wind surving.

Sajian hiburan panggung utama akan menampilkan kelompok musik Bona Alit, fashion show teruna teruni Bali, Uly Sigar Russady, Penggak Men Mercy, Dayak Art Performance, Tude n Friends serta  top DJ.(ant)

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.