Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Evaluasi Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Badung

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobali.com)-

Penilaian Pemantauan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Badung Tahun 2011 dilaksanakan di Ruang Kertha Gosana Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala, Jumat (18/11). Tim Penilai diterima langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Kompyang R.Swandika. Hadir pula Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Badung Ny. Ratna Gde Agung, Ketua WHDI Badung Ny. Sudikerta, Ketua DWP Kabupaten Badung Ny. Kompyang R.Swandika, Kepala Bappeda Litbang I Wayan Suambara,SH,MM, Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Luh Suryaniti, SKPD terkait, tokoh adat dan agama se Kabupaten Badung.

Wakil Bupati Badung Sudikerta menyambut baik program Kementerian Pemberdayaan Perempuan (PP) dan Perlindungan Anak (PA) Republik Indonesia dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) Program PP dan PA di Kabupaten Badung guna mendapatkan Anugrah Parahita Eka Praya. Sudikerta juga mengatakan bahwa manfaat yang bisa dirasakan dengan penilaian ini adalah dapat memotivasi pelaksanaan PP dan PUG di Provinsi dan Kabupaten/Kota, mendapatkan gambaran dan peta kemajuan pelaksanaan pembangunan PP dan PUG serta mengidentifikasi permasalahan dan kendala yang ada melalui menemukenali isu gender.

Lanjut disampaikan bahwa pembangunan di Kabupaten Badung bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia baik laki – laki maupun perempuan menuju kehidupan yang lebih baik. Dan sebagai tolak ukur keberhasilan pembangunan SDM ini dengan memperkenalkan 3 indikator pencapaian pembangunan diantaranya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Pembangunan Gender (IPG) serta Indeks Pemberdayaan Gender (IDG).

Sementara itu Kepala Bappeda Litbang I Wayan Suambara,SH,MM selaku Ketua Pokja PUG memaparkan kebijakan PUG di Kabupaten Badung Tahun 2011. Dalam pemaparannya dijelaskan bahwa program kegiatan PUG di Kabupaten Badung telah didukung Penyusunan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang sepenuhnya memanfaatkan dana APBD Kabupaten Badung. Dimana PPRG ini merupakan suatu pendekatan yang lebih menekankan pada perencanaan dan penganggaran yang bertujuan untuk menghasilkan suatu perencanaan penganggaran yang efisien, efektif, berkeadilan serta mendorong akuntabilitas pemerintah dalam mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender menuju good governance. Lanjut dikatakan bahwa dalam beberapa tahun terakhir berbagai indikator terkait PUG telah menunjukkan peningkatan, dimana kondisi tersebut menunjukkan bahwa pelaksanaan program pembangunan di Badung telah memberikan kesempatan yang sama antara laki – laki dan perempuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Baca Juga :
Apel Awal Bulan

Ketua Tim Penilai Iwan Gunawan Rahman mengatakan, verifikasi pelaksanaan PUGĀ  ini dilaksanakan dalam rangka untuk memberikan penghargaan sekaligus motivasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan yang secara konsisten tetap melaksanakan PUG dalam pembangunan. Gunawan juga memberikan dukungan kepada Kabupaten Badung yang telah ikut mensukseskan dari pelaksanaan PUG ini dan semoga dengan melihat trade record yang telah dicapai bisa membawa Kabupaten Badung keluar sebagai juara. (GAB-MB)

 

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.