AMD Cup Milenial Bisa Lomba Video Bebas Kreatif

Metro Bali
single-image

AMD Cup Milenial Bisa

(Memperebutkan Trofi AMD dan Total Hadiah 100 Juta Rupiah,

Menginap di Vila Resort Bintang 5 di Ubud, Gianyar)

 

Lomba Video Bebas Kreatif dalam Rangka Menyambut “Peringatan Hari Sumpah Pemuda” Tanggal 28 Oktober Tahun 2020.

Tema “Spirit Sumpah Pemuda dalam Aspirasi dan Peran Generasi Milenial untuk Denpasar MAJU.”

 

Latar Belakang

Generasi muda punya peran besar dan vital dalam mengisi kemerdekaan dan pembangunan bangsa dan negara Indonesia khususnya juga di Kota Denpasar, Provinsi Bali. Sang Proklamator sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia (RI) Bung Karno pernah berseru dalam pernyataannya yang sangat terkenal “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”. Ini artinya genarasi muda menjadi tumpuan dan harapan membawa bangsa ini maju dan disegani dunia.

Berkaitan dengan hal ini ada satu momentum sejarah yang tidak bisa dilupakan yang menggambarkan betapa besarnnya peran generasi muda dalam perjalanan bangsa Indonesia ini yakni ikrar Sumpah Pemuda pada Tanggal 28 Oktober Tahun 1928. Spirit dari Sumpah Pemuda ini perlu terus digelolarakan dan digaungkan di kalangan generasi muda khususnya dalam menjaring aspirasi dan peran generasi muda mengisi pembangunan di Kota Denpasar.

Berdasarkan pemikiran tersebut maka Tokoh Milenial Denpasar dan tokoh Puri Tegal Pemecutan Denpasar Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn.,atau yang lebih akrab disapa AMD bersama Komunitas Anak Milenial Denpasar berinisiatif menggelar Lomba Video Bebas Kreatif dalam Rangka Menyambut “Peringatan Hari Sumpah Pemuda” Tanggal 28 Oktober Tahun 2020 bekerjasama juga dengan DPC PDI Perjuangan Kota Denpasar dan Metrobali.com. Adapun tema yang diangkat yakni “Spirit Sumpah Pemuda dalam Aspirasi dan Peran Generasi Milenial untuk Denpasar MAJU”

 

Tujuan Kegiatan

AMD Cup Milenial Bisa melalui Lomba Video Bebas Kreatif dalam Rangka Menyambut “Peringatan Hari Sumpah Pemuda” Tanggal 28 Oktober Tahun 2020 dengan tema “Spirit Sumpah Pemuda dalam Aspirasi dan Peran Generasi Milenial untuk Denpasar MAJU” bertujuan untuk:

  1. Mengingat kembali dan meneladani spirit Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian
  2. Memberikan ruang dan wadah para generasi muda (milenial) untuk berkreativitas dan berinovasi walaupun di tengah kondisi pandemi Covid-19
  3. Menjaring aspirasi dan menguatkan peran generasi muda dalam ikut membangun Kota Denpasar menuju Denpasar MAJU (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).
Baca Juga :
Ini Keunikan Perayaan Valentine’s Day di Dwijendra University

 

Waktu dan Tempat

AMD Cup Milenial Bisa melalui Lomba Video Bebas Kreatif ini digelar secara daring/online dimana Video Bebas Kreatif diunggah dimulai pada tanggal 3 Oktober 2020 hingga tanggal 19 Oktober 2020, melalui akun Instagram masing-masing peserta dan juga ditag ke akun Instagram:

  • @agungmanikdanendra.amd
  • @jayawibawadenpasar

Pengumuman pemenang pada tanggal 26 Oktober 2020 dan penyerahan hadiah dilakukan pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2020. Para pemenang akan diundang langsung pada pada acara penyerahan hadiah yang dihadiri langsung oleh inisiator AMD Cup Milenial Bisa Bapak Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn.,(AMD) dan Bapak I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E. Acara bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali (Jl. Banteng Baru Kelurahan No.4, Renon, Denpasar) mulai pukul 10.00 WITA.

 

Teknis dan Ketentuan Lomba Video Bebas Kreatif

Tema

“Spirit Sumpah Pemuda dalam Aspirasi dan Peran Generasi Milenial untuk Denpasar MAJU”

Persyaratan Peserta:

  1. Peserta lomba adalah masyarakat berkewarganegaraan Indonesia (WNI). Peserta lomba tidak dibatasi umur.
  2. Peserta lomba hanya boleh mengirimkan/mengunggah satu Video Narasi Kreatif pada pada akun Instagram masing-masing.
  3. Peserta lomba tidak dipungut biaya apapun (gratis) sepanjang lomba Video Narasi Kreatif ini berlangsung.

 

Konten Video

  1. Video Bebas Kreatif adalah video bebas sesuai tema yang bisa dalam bentuk video apapun karya asli peserta seperti bisa berupa vlog, video animasi, video narasi, video parodi, video musik berisi ilustrasi/cerita sesuai tema, atapun video kreatif dalam bentuk apapun sepanjang tidak keluar dari tema dan ketentuan lain dari panitia.
  2. Video Bebas Kreatif ini memuat konten video bebas sesuai tema. Peserta bisa memilih membuat konten video  mengenai:
    • Pandangan terhadap visi Denpasar MAJU (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul)
    • Aspirasi/harapan untuk pembangunan Kota Denpasar menuju Denpasar MAJU (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul)
    • Karya/aksi nyata/kreativitas dan inovasi generasi muda dalam mengisi pembangunan di Kota Denpasar menuju Denpasar MAJU (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).

     

    Hal-hal yang wajib diperhatikan:

    • Konten Video Bebas Kreatif haruslah karya orisinal (asli) bukan jiplakan atau kopi paste dari karya orang lain, belum pernah dipublikasikan, belum diterbitkan secara komersil, tidak sedang diikutsertakan pada lomba sejenis, tidak sedang dipamerkan, dan tidak mengandung konten yang melanggar hak cipta pihak ketiga dan/atau memiliki ikatan hukum dengan pihak ketiga.
    • Konten Video Bebas Kreatif tidak boleh mengandung unsur yang menyinggung isu SARA (Suku, Ras, Agama), tidak boleh melanggar norma kesopanan dan kesusilaan, tidak mengandung muatan pornografi, kekerasan berlebihan, dan kata-kata umpatan/makian serta tidak melanggar hukum.
    • Durasi dari Video Bebas Kreatif ini adalah 3 menit hingga 10 menit dengan resolusi minimal HD (High Definition).
Baca Juga :
Wabup Suiasa Hadiri Puncak HUT Ke-2 BRC,  Ingatkan Persatuan Dalam Komunitas Musik

 

Tata Cara Lomba

1.  Peserta bisa mendaftarkan diri lebih awal kepada panitia tanpa harus langsung menggungah karya video/mengirimkan kepada panitia. Pendaftaran bisa dilakukan pada link berikut ini: http://bit.ly/AMDCupMilenialBisa.

2. Peserta mengunggah videonya pada laman akun Instagram asli atau resmi milik peserta dan juga ditag ke akun Instagram:

  • @agungmanikdanendra.amd
  • @jayawibawadenpasar

3. Sertakan keterangan (caption) yang mengandung informasi mengenai: Judul Video Bebas Kreatif, pembuat Video Bebas Kreatif (Nama lengkap sesuai kartu identitas), dan deskripsi singkat mengenai pesan yang ingin disampaikan oleh Video Bebas Kreatif yang dibuat dan kesesuaian dengan tema yang ditentukan

4. Dalam keterangan (caption) yang di unggah di Instagram diberikan tanda pagar/hashtag

  • #AMDCupMilenialBisa
  • #JayaWibawaDenpasar
  • #DenpasarMAJU

5. Kirimkan juga link Google Drive yang berisi folder file video yang dilombakan, file scan kartu identitas (KTP/SIM/kartu pelajar/kartu mahasiswa) dan CV berisi nomor handphone/WA yang bisa dihubungi (format *.pdf) ke email panitia: amdcupmilenialbisa@gmail.com. Cantumkan nama peserta pada subject e-mail dengan format:

NAMA PESERTA_AMD Cup Milenial Bisa

Contoh: Wayan Satria Lesmana_AMD Cup Milenial Bisa

 

Periode Lomba:

  1. Peserta sudah bisa mengirimkan karya Video Bebas Kreatif yang dilombakan mulai tanggal 3 Oktober 2020 pada akun Instagram masing-masing peserta.
  2. Pengiriman karya Video Bebas Kreatif ditutup pada tanggal 25 Oktober 2020 pukul 23.59 WITA.
  3. Penilaian dari juri dimulai pada tanggal 20 Oktober 2020 sampai tanggal 25 Oktober 2020.
  4. Pengumuman Pemenang dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020 yang diumumkan melalui Instagram resmi @agungmanikdanendra.amd, Instagram resmi @jayawibawadenpasar, website Metrobali serta akan dihubungi langsung oleh pihak Panitia
  5. Penyerahan hadiah pemenang lomba diselenggarakan pada tanggal saat puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2020 oleh Bapak I Gusti Ngurah Jaya Negara, S.E., dan Bapak Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn.,(AMD). Acara bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ( Banteng Baru Kelurahan No.4, Renon, Denpasar) mulai pukul 10.00 WITA.
Baca Juga :
Fashion Show WBP Perempuan Peringati Hari Ibu,  Ny. Selly Mantra Ajak Tingkatkan Kreatifitas dan Inovasi

 

Kriteria & Tata Cara Penilaian:

Kriteria Penilaian

  1. Orisinalitas
  2. Keunikan Ide
  3. Kesesuaian dengan Tema
  4. Keunikan Gaya Penyampaian Narasi dan Gambar

Komposisi Penilaian

  1. Penilaian oleh Tim Juri sebesar 60%
  2. Popularitas berdasarkan hasil perolehan like, comment dan share di Instagram sebesar 40%

 

Hadiah

AMD Cup Milenial Bisa Memperebutkan Piala AMD dan Total Hadiah 100 Juta Rupiah, rinciannya:

  1. Juara 1: Rp 7.000.000
  2. Juara 2: Rp 6.000.000
  3. Juara 3: Rp 5.000.000
  4. Juara Harapan 1: Rp 4.000.000
  5. Juara Harapan 2: Rp 3.000.000
  6. Lima juara favorit berdasarkan like terbanyak di Instagram (di luar juara di atas) masing-masing mendapatkan Rp 1.000.000
  7. Juara 1, Juara 2, Juara 3 dan Juara Harapan 1, Juara Harapan 2 mendapatkan Tropi AMD. Kesepuluh pemenang mendapatkan sertifikat/piagam penghargaan dari AMD.
  8. Kesepuluh pemenang mendapatkan voucher menginap di Villa & Resort di Ubud, Gianyar (Villa Bintang 5), masing-masing untuk 2 orang, yang waktu ditentukan oleh manajemen dengan fasilitas lengkap/gym/pool/sauna dll (rate Rp7 juta/malam).
  9. Bagi 100 peserta pertama yang telah mengirimkan Video Bebas Kreatif mendapatkan voucher beras gratis AMD.

 

Informasi Lebih Lanjut:

Kunjungi link website: http://metrobali.com/amd-cup-milenial-bisa-lomba-video-narasi-kreatif/

Atau hubungi Telepon, WhatsApp: 0878-5460-7086

Email ke amdcupmilenialbisa@gmail.com dengan Subject “Tanya Lomba Video Bebas Kreatif”

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.