JokowiJK2

Bandung (Metrobali.com)-

Laskar Santri Nusantara menyatakan dukungan dan harapannya kepada pasangan bakal calon Presiden RI Jokowi-JK melalui tulisan di spanduk sepanjang 1001 meter di Bandung, Senin (26/5).

Koordinator Laskar Santri Nusantara, Ceng Misbach Solihin menyatakan secara garis besar harapan kaum santri agar pasangan Jokowi-JK mampu meningkatkan kepedulian terhadap kaum santri, menegakkan Hak Asasi Manusia (HAM), membangun ekonomi kerakyatan berbasis pesantren dan menegakkan Islam Rahmatan lil Alamin.

“Sosok Jokowi merupakan calon presiden yang merakyat, sederhana dan memiliki penampilan yang apa adanya seperti kaum santri sehingga kami jatuh cinta kepada beliau,” ujar Misbach.

Untuk JK, lanjut Misbach, sosoknya yang berlatar belakang pesantren dan warga Nahdlatul Ulama (NU) tulen sudah barang tentu sangat kental dengan kaum santri.

“Berangkat dari kesamaan itulah menurut keyakinan kami pasangan inilah yang pas dan cocok dengan alam Indonesia yang kental dengan anaka ragaman budaya santri,” ujarnya.

Puluhan santri membubuhkan tanda-tangan dan harapannya di beberapa spanduk yang sudah disediakan sambil diiringi alunan lagu-lagu marawis dari Pondok Pesantren Al-Fallah Kabupaten Bandung.

Spanduk yang berisi tentang harapan kaum “sarungan” tersebut diserahkan kepada Sekretaris DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Syaiful Huda.

Menurut Syaiful Huda, melalui PKB seluruh harapan kaum santri ini akan kembali diserahkan kepada pasangan Jokowi-JK.

“Saat ini kami sedang melakukan rapat koordinasi dan Insya Allah akan menyerahkannya kepada Bapak Jokowi dan JK,” ujarnya.

Syaiful juga menegaskan sejak zaman perjuangan kaum santri telah berpartisipasi untuk perjuangan negara. “Kami sudah berpolitik sejak zaman penjajahan dan tidak ada satupun perjuangan yang tidak melibatkan kiai ataupun santri,” ujarnya.

Di tempat terpisah, dukungan untuk Jokowi-JK juga datang dari Relawan Nonoman Sunda yang berisi para pemuda dari berbagai daerah yang peduli pada politik dan kebangsaaan.

Koordinator Relawan Nonoman Sunda U Wawan Sam mengatakan masyarakat mengidamkan kemunculan pemimpin yang dekat dengan dirinya sendiri.

“Kami meyakini bahwa harapan rakyat ada pada ‘roh’ pasangan Pak Jokowi-JK,” ujarnya. AN-MB