Sekda Adi Arnawa saat mengikuti Launching Layanan Polisi 110 bersama Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani dari ruang Command Center Polres Badung, Kamis (20/5).

 

Mangupura, (Metrobali.com)

Sekda. Badung I Wayan Adi Arnawa atas nama Pemkab. Badung memberikan apresiasi dan mendukung di launchingnya Layanan Polisi 110.  Dengan layanan ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan akses pengaduan yang berkaitan dengan Kamtibmas. Disisi lain pihak kepolisian juga akan lebih cepat dapat merespon aduan masyarakat tersebut. “Kami sangat mengapresiasi Kepolisian Republik Indonesia telah memberikan layanan polisi 110 ini, mudah-mudahan apa yang menjadi pengaduan masyarakat dapat direspon cepat sehingga mampu menciptakan kondusifitas keamanan terutamanya di wilayah badung sendiri,” jelas Sekda Adi Arnawa saat mengikuti Launching Layanan Polisi 110 bersama Wakapolres Badung Kompol Ni Putu Utariani dari ruang Command Center Polres Badung, Kamis (20/5). Launching layanan polisi nomor tunggal 110 dilakukan oleh Kapolri Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat kunjungan ke Polda Jawa Barat.

Menurut Sekda Adi Arnawa, layanan polisi melalui call centre 110 ini sangat bagus dan perlu direflikasi di Badung sehingga terbangunnya sinergitas antara pemerintah dengan kepolisian. “Kami harapkan layanan ini dapat dikolaborasikan dengan pemerintah daerah akan sangat bagus sekali. Layanan ini dapat direflikasikan terutama terkait kinerja aparatur, sehingga kita akan mengetahui dimana posisi dan kinerja aparatur tersebut. Ini penting dalam rangka membangun budaya kerja di kabupaten badung,” terangnya. Bagi masyarakat, layanan ini juga sangat membantu dalam upaya menyampaikan informasi maupun keluhan yang ada di masyarakat. “Ini sangat bagus bagi masyarakat dalam rangka check and balance. Terutama melihat respon dari aparat terkait aduan yang diberikan masyarakat. Bila ini bisa terwujud, tidak saja di kepolisian, di pemerintah daerah juga bagus dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :
Lagi, Dua Korban Perahu Tenggelam Ditemukan

Kapolri Komjen. Pol. Listyo Sigit Prabowo menyampaikan, pelayanan pengaduan 110 telah berjalan sejak tahun 2015, dikembangkan lagi di tahun 2018 dan di tahun 2020 semakin ditingkatkan seiring perkembangan teknologi informasi, sehingga betul-betul menjadi pelayanan yang prima. “Setelah ada pengaduan, dapat direspon cepat. Dan layanan ini dapat diintegrasikan dengan aplikasi layanan di masing-masing Polda. Kami harapkan layanan ini menjadi program secara nasional, ” imbuhnya. Pihaknya juga mengharapkan Layanan call centre 110 yang memberikan layanan 24 jam dan panggilan bebas pulsa ini dapat tersambung dengan seluruh anggota yang melaksanakan kegiatan sehingga terintegrasi dengan sistem ini. “Dengan layanan 110, Polri ingin meningkatkan kualitas pelayanan, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan tujuan dari layanan ini untuk memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap terselenggaranya layanan keamanan publik. Layanan tersebut bisa berupa informasi pelaporan seperti, informasi kecelakaan, bencana alam hingga tindak pidana, penghinaan, ancaman tindakan kekerasan dan lain-lain. “Dengan layanan 110 kami ingin menjadikan SDM Polri yang unggul di Era Police 4.0 dan perubahan teknologi kepolisian modern di Era Police 4.0,” pungkasnya. (RED-MB)