Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, PSI Bali Tanam Pohon Hijaukan Bukit Asah Karangasem, Konsisten dengan Program Pelestarian Lingkungan

single-image

Foto: Pengurus dan kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Bali melakukan penanaman pohon bersama di kawasan Bukit Asah, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Minggu (28/11/2021).

Karangasem (Metrobali.com)-

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Bali melakukan aksi sosial penanaman pohon yang bertempat di kawasan Bukit Asah, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Minggu (28/11/2021).

Aksi sosial penanaman pohon dilaksanakan bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia ini juga dalam rangka memperingati HUT ke-7 PSI. Kegiatan diikuti jajaran pengurus DPW PSI Bali bersama pengurus DPD PSI Kabupaten/Kota se-Bali.

“Kegiatan menanam pohon serangkaian dengan Hari Menanam Pohon Indonesia dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Kebetulan di Bali kita lakukan di Bukit Asah Karangasem,” terang Ketua DPW PSI Provinsi Bali Nengah Yasa Adi Susanto.

Untuk diketahui Hari Menanam Pohon Indonesia diperingati pada tanggal 28 November setiap tahunnya. Dilansir dari situs Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penetapan Hari Menanam Pohon didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008.

Hari Menanam Pohon Indonesia merupakan hari peringatan yang ditujukan untuk memberikan kesadaran dan kepedulian pada seluruh masyarakat mengenai pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Dalam aksi penanaman pohon oleh PSI Bali ini, setidaknya ada 50 pohon ketapang dan jenis lainnya yang ditanam di kawasan Bukit Asah yang juga merupakan kawasan perkemahan atau camping terkemuka di Karangasem, Bali ini.

“Bukit Asah merupakan kawasan camping tapi masih gersang. Jadi kita bantu hijaukan dengan menanam pohon,” kata Adi Susanto yang juga merupakan putra daerah asal Desa Bugbug, Karangasem.

Menurutnya kegiatan ini dilakukan sebagai bukti dan langkah konkret PSI juga berperan aktif dalam mendukung program pelestarian lingkungan dan penghijauan melalui penanaman pohon. Penanaman pohon ini adalah merupakan program penghijauan PSI, dengan tujuan untuk menghijaukan kembali lahan yang kosong atau reboisasi guna memperbaiki kualitas udara serta mengurangi dampak pemanasan global yang mengancam.

Baca Juga :
Polisi Berlakukan Siaga I Usai KPU Sampaikan Hasil Final Rekapitulasi

“PSI adalah partai yang sangat konsern dengan isu-isu lingkungan hidup dan upaya pelestarian lingkungan. Kita lakukan salah satunya dengan menanam pohon karena pohon punya peran viral bagi kehidupan,” ujar Adi Susanto.

Pihaknya mengingatkan bahwa pohon memiliki peranan vital bagi kehidupan manusia bahkan alam semesta beserta isinya seperti hewan dan tumbuhan. Sebab pohon selain memberikan suplai oksigen, juga mampu menyimpan air yang menjadi sumber kehidupan.

“Jadi mari kita lakukan gerakan menanam pohon, kita selamatkan dan lestarikan lingkungan untuk anak cucu kita,” ajak Adi Susanto seraya menambahkan selama ini PSI juga gencar memberikan pelatihan eco enzyme guna mengurangi dan mengolah sampah organik atau limbah dapur seperti buah-buahan dan sayuran menjadi bermanfaat sebagai pupuk maupun cairan pembersih dan lainnya.

Selain menanam pohon, PSI Bali juga menggelar solidarity camp di Bukit Asah ini guna meningkatkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan soliditas diantara pengurus dan kader PSI se-Bali. (wid)

Bagikan :
style="display:inline-block;width:728px;height:90px" data-ad-client="ca-pub-1781044259527275" data-ad-slot="9355733890">

Leave a Comment

Your email address will not be published.

style="display:inline-block;width:728px;height:90px" data-ad-client="ca-pub-1781044259527275" data-ad-slot="9355733890">
style="display:inline-block;width:728px;height:90px" data-ad-client="ca-pub-1781044259527275" data-ad-slot="9355733890">