Denpasar (Metrobali.com)-

Hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar. Demikian kutipan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesia yang disampaikan oleh Gubernur Bali, Made Mangku Pastika, saat bertindak sebagai Pembina upacara dalam  peringatan hari pahlawan 10 November 2012 di lapangan Puputan Margarana, Niti Mnadala, Denpasar, Sabtu (10/11).

Upacara ini dihadiri oleh para Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Prov. Bali, Kepala SKPD dan PNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, serta para siswa di lingkungan Kota Denpasar. Peringatan hari pahlawan tahun ini mengambil tema “Semangat kepahlawanan untuk Indonesia Sejahtera” menjadi sebuah momentum bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat sejahtera sebagaimana yang dicita-citakan para pendahulu Negara. Untuk itu semangat dan nilai kepahlawanan yang ditunjukan dalam pertempuran 10 November hendaknya dihayati dan menjadi inspirasi untuk mengisi kemerdekaan.

Lebih lanjut bahwa semangat kepahlawanan seperti cinta tanah air, rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, suka menolong dan sebagainya menjadi sumber motivasi dan modal mengatasi berbagai masalah sosial sekaligus memacu pengwujudan keinginan dan harapan kita bersama.

Selain itu, Gubernur mencontohkan tampil dan berprestasi di bidang olah raga, seni budaya dan bidang lainnya tentunya memerlukan semangat kepahlawanan yang kuat untuk mengwujudkannya. Dalam kesempatan tersebut Gubernur Mangku Pastika juga menghimbau generasi muda untuk selalu bekerja keras agar dapat bersaing di era globalisasi ini. “ Generasi muda harus terus belajar, bekerja keras, dan memiliki semangat yang tinggi untuk bersaing di tingkat nasional dan global”, ujarnya.

Pada kesempatan itu Gubernur Pastika  melepas napak tilas pasukan Ciung Wanara I Gusti Ngurah Rai yang akan mengelilingi Pulau Dewata dalam rangkaian memperingati Hari Pahlawan. “Mudah-mudahan dengan napak tilas ini memberikan arti yang positif bagi kita semua untuk bekerja lebih keras lagi menuju Indonesia sejahtera,” ujar Gubernur. IKA-MB

Baca Juga :
STT Ibnu Sina Batam Kagumi STIKOM Bali