Denpasar (Metrobali.com)-

     

Pada semester empat, seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar wajib mengikuti pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan tahap pertama, atau lebih dikenal dengan kegiatan PLP 1. 

Dosen Pembimbing I Putu Adi Saputra, S.Pd., M.Pd. menyampaikan dalam kegiatan ini mahasiswa diterjunkan langsung ke sekolah-sekolah yang telah bekerjasama dengan Unmas Denpasar untuk melakukan observasi dan analisis kegiatan terkait dengan kultur sekolah, manajemen sekolah, serta hal-hal yang berkaitan dengan sekolah sebagai lembaga pengembangan pendidikan dan pembelajaran.

“Seluruh mahasiswa semester empat akan dibagi dalam beberapa kelompok dan didampingi oleh satu dosen pendamping, yang kemudian akan diterjunkan di sekolah yang sudah ditentukan oleh panitia,” ujarnya saat ditemui di UNMAS Denpasar pagi tadi.

Kegiatan PLP I diikuti oleh satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia atas nama Ni Ketut Yuniari (2001882010013). Tujuh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang terdiri dari Ni Made Febyana Sri Aryanti (2101882030002), Ni Putu Opik Rahana Yosi (2001882030042), Ni Wayan Anik Agustini (2001882030086), I Komang Wisnu Suastika (2002882030003), Ni Kadek Kariasih (2001882030022), Ida Ayu Praba Iswari Dewi (2001882030017), dan I Komang Andre Adnyana Putra (2001842020056). Satu mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika atas nama  Putu Desymitha Putri Dewi (2001842020006), kesembilan mahasiswa tersebut melaksanakan kegiatan PLP 1 di SMA Negeri 1 Gianyar yang beralamat di Jl. Ratna Tegal Tugu, Tegal Tugu, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80511.

Selanjutnya, Pak Adi menyampaikan, kegiatan PLP 1 diawali dengan penerjunan yang dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Februari 2022 secara offline di SMA Negeri 1 Gianyar.

Saat penerjunan mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar di terima langsung oleh Kepala sekolah SMA Negeri 1 Gianyar yakni I Wayan Sudra Astra,S.Pd.,M.Pd. Bersama dengan jajarannya.

Baca Juga :
Waspada Bencana Alam, Polres Gianyar Gelar Apel Siaga Penanggulangan Bencana Alam

Walaupun dengan situasi pandemi covid-19, kegiatan PLP 1 kali ini tidak jauh beda dengan sebelumnya. Mahasiswa yang mencari informasi Kesekolah pun datang dengan mematuhi protokol kesehatan.

Setelah melaksanakan penerjunan, mahasiswa mulai menyusun jadwal untuk observasi dengan konfirmasi kepada guru yang akan menjadi narasumber secara langsung. Tidak lupa juga mahasiswa dan guru tersebut memakai masker, mencuci tangan, dan cek suhu tubuh sebelum mulai melakukan observasi dan wawancara.

Saat melakukan observasi mahasiswa mencoba memahami dan mencatat informasi yang di berikan oleh guru pada saat  wawancara di sekolah. Dalam observasi tersebut, mahasiswa menemukan kegiatan positif yang cukup menarik yang dari tahun ketahun diadakan oleh SMA N 1 Gianyar, yaitu kegiatan bulan bahasa Bali yang memiliki tujuan untuk meningkatkan ketertarikan dan kemampuan siswa terhadap tradisi dan budaya Bali. Tentunya pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu langkah dan gerakan dari SMA N 1 Gianyar dalam melestarikan tradisi dan budaya Bali serta penanaman karakter berbasis kearifan lokal pada siswa-siswi khususnya dan generasi muda pada umumnya.

“Siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa- siswi SMA N 1 Gianyar dari kelas X-XI beserta siswa siswi SMP di kabupaten Gianyar. Selain peserta, kegiatan ini dihadiri juga oleh manajemen sekolah, jegeg bagus dosman beserta jegeg bagus gianyar ” terangnya.

Pembukaan acara pada kegiatan bulan bahasa Bali ini diawali dengan ditandai penancapan kayon oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Gianyar pada tanggal 29 Januari, kemudian pada tanggal 2 Februari dimulai dengan lomba internal yaitu mesatwa Bali, mececimpedan, megending lagu pop Bali, musikalisasi puisi Bali anyar, kemudian pada tanggal 4 Februari terdapat lomba pidarta yang diikuti oleh siswa SMP se-Kabupaten Gianyar, tanggal 5 Februari terdapat lomba cipta baca puisi yang diikuti oleh siswa se-Kabupaten Gianyar, dan terakhir pada tanggal 6 Februari kegiatan ini ditutup dengan acara final pemilihan jegeg bagus Dosman 2022.

Baca Juga :
Bali Mandara Nawa Natya 2017, Jembatan Bagi Perkembangan Kekinian Kesenian Bali

Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan dalam pelaksanaan lomba bulan bahasa Bali kali ini, baik lomba internal maupun eksternal telah berlangsung dengan lancar. Peserta lomba dan seluruh tim yang bertugas pada kegiatan ini diarahkan untuk mematuhi protokol kesehatan dengan ketat. Dalam perlombaan tersebut panitia menekankan pula sikap jujur dan kompetitif bagi seluruh peserta lomba, baik peserta dari internal maupun eksternal sekolah.

“Diharapkan, kegiatan PLP 1 ini dapat menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengenal lingkungan persekolah lebih awal, guna mengetahui apa saja hal yang harus dilakukan dibalik layar proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan disemester selanjutnya, mahasiswa nantinya akan mengajar dan berinteraksi secara langsung dengan siswa.” Tutup Pak Adi.