Jembrana (Metrobali.com)

 

Ditengah tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini sangat dirasakan segenap lapisan masyarakat. Berbagai bentuk donasi berupa bahan kebutuhan pokok telah dikucurkan oleh pemerintah khususnya di Kabupaten Jembrana.

Disisi lain, sumbangan dari berbagai pihak untuk masyarakat selama ini juga telah diterima oleh pemerintah Kabupaten Jembrana.

Tidak terkecuali, Balai Riset Observasi Laut(BROL) bersama Badan Keamanan Laut(Bakamla) Propinsi Bali, Kamis(21/5) menyerahkan ratusan paket sembako kepada para nelayan yang ada di desa Perancak dan desa Pengambengan kecamatan Negara. Bantuan diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bertempat di rumah Jabatan Wakil Bupati yang berlokasi di areal Civic Centre-Jembrana.

Selain sembako dan masker, saat bersamaan kepala BROL, I Nyoman Radiarta yang didampingi Kepala Bakamla, Kadek Lis Martia Veni juga menyerahkan 15 unit Gadget yang diperuntukkan kepada para penyuluh perikanan.

Wakil Bupati Jembrana, I Made Kembang Hartawan mengaku, kalau donasi yang disumbangkan dari BROL dan Bakamla Propinsi Bali merupakan wujud kepedualannya kepada warga masyarakat akibat pandemi Covid-19.

”sebagai wakil bupati, kami mengucapkan terima kasih kepada pihak BROL, Bakamla dan XL dimana telah memberikan bantuan dan uluran tangannya membantu warga masyarakat nelayan kami yang saat ini sangat membutuhkan. Hal ini disebabkan, kehidupan para nelayan, kerjanya hari ini dan hasilnya untuk hari itu juga, apalagi saat pandemi Covid-19.”ujarnya.

Wabup Kembang memastikan, bantuan yang diterimanya ini segera disalurkan kepada para penerima manfaat. “bantuan yang telah kami terima ini tentu sangat bermanfaat bagi warga masyarakat nelayan kami yang terdampak. Untuk itu, bantuan berupa sembako dari BROL dan Bakamla ini akan langsung kami distribusikan sehingga penerima manfaat itu dapat diringankan beban hidupnya.”terangnya.

Baca Juga :
Rumah Sakit Bhayangkara Polda Bali Terbakar

Terkait Gadget, kata Kembang, para penyuluh yang ada di lapangan akan memiliki parameter yang jelas saat melaut.”alat itu sangat baik dan sangat bermanfaat bagi para penyuluh di lapangan. Dengan alat ini penyuluh juga akan lebih memahami titik-titik lokasi ikan termasuk keadaan cuaca.”tegasnya.

Sementara Kepala BROL, I Nyoman Radiarta mengaku, kalau bantuan yang diserahkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Jembrana merupakan, bentuk kerja sama dengan pemerintah daerah terutama dalam penanganan dampak Covid-19.

“ini merupakan program bantuan seribu paket sembako yang bekerja sama dengan Bakamla, XL dan segenap jajaran Dinas Perikanan dan kelautan. Untuk Kabupaten Jembrana kami serahkan sebanyak 350 paket sembako kepada para nelayan dan 15 unit Gadget yang diperuntukkan kepada para penyuluh perikanan,”pungkasnya (Humas Pemkab Jembrana)