Denpasar, (Metrobali.com)

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP I) merupakan kegiatan wajib yang diikuti oleh mahasiswa semester 4 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mahasaraswati Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu dari 14 Februari sampai 15 April 2022. Walau sedang ditengah pandemi Covid-19, kegiatan ini tetap terlaksana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Adapun tujuan diadakannya  kegiatan PLP I adalah untuk 1)  membangun landasan jati diri calon pendidik yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, 2) mempersiapkan calon pendidik sebelum terjun ke sekolah sebagai seorang guru profesional, 3) memberikan bekal pengetahuan kepada calon pendidik tentang tata krama kehidupan di sekolah, 4) dan memberikan wawasan tentang pengelolaan dan pengembangan sebuah lembaga pendidikan yaitu sekolah.

Kegiatan PLP I ini diawali dengan kegiatan pembekalan yang dilaksanakan secara daring oleh panitia pelaksana pada tanggal 5 Februari 2022. Kemudian dilanjutkan dengan penerjunan para mahasiswa untuk datang ke sekolah yang didampingi oleh dosen pendamping. Setelah itu, barulah dilaksanakan observasi oleh mahasiswa yang didampingi guru pamong untuk mempermudah proses pengamatan. Kegiatan observasi ini dilakukan sebanyak 12 kali pertemuan untuk mengamati berbagai profil mengenai sekolah. Selain itu terdapat 8 instrumen observasi yang perlu diamati oleh mahasiswa calon pendidik yaitu, kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kerja sekolah, visi dan misi sekolah, kegiatan-kegiatan di sekolah (kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler), peraturan dan tata tertib sekolah, kegiatan sekolah seremonial formal, praktik kebiasaan positif di sekolah, serta sarana dan prasarana yang ada di sekolah. Dalam memperoleh data tersebut, mahasiswa dapat melakukan wawancara ke beberapa narasumber serta mencari informasi melalui website milik sekolah. Setelah mendapatkan data selama melakukan pengamatan, mahasiswa akan menggunakan data tersebut sebagai bahan laporan pelaksanaan program PLP I. Selain membuat laporan, mahasiswa juga diwajibkan membuat luaran dalam bentuk artikel publikasi dan poster sebagai salah satu syarat kelulusan dari kegiatan PLP I ini. Kegiatan PLP I di sekolah diakhiri dengan acara penarikan mahasiswa yang didampingi oleh dosen pendamping.

Baca Juga :
Orangtua perlu hargai potensi anak untuk tumbuhkan rasa percaya diri

Dengan adanya kegiatan PLP I ini diharapkan mahasiswa FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar akan  mempunyai wawasan mengenai lingkungan sekolah dalam menunjang proses pembelajaran serta memiliki landasan jati diri sebagai calon pendidik dalam rangka mempersiapkan diri sebagai seorang guru yang professional sebelum terjun ke sekolah.

 

Penulis: Kadek Rahayu Puspadewi, S.Pd., M.Pd, Ayu Adelia Sastramita, Lutfiya Putri Maharani, Ni Nyoman Saka Nimas Ajeng Leonita, I Kadek Dirga Mustiasa, dan Ni Putu Yuliastuti.