Buleleng (Metrobali.com)-

Menjelang perhelatan Pemilu Serentak tahun 2024, Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) untuk ikut serta menjaga situasi yang kondusif. Utamanya jelang pemilu serentak tahun 2024.

Hal itu disampaikannya saat menerima audiensi dari FKUB dan FPK di Ruang Rapat Lobi Kantor Bupati Buleleng, Selasa (20/9/2022).

Lihadnyana menjelaskan sebagai forum yang dibentuk untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan antar etnis, FKUB serta FPK memiliki peranan yang sangat strategis. Khususnya sebagai mitra pemerintah untuk membina kerukunan antar masyarakat. Terlebih lagi jelang pemilu serentak yang digelar pada tahun 2024 nanyi. “Salah satu tugas Pj Bupati adalah menjaga ketentraman dan ketertiban. Oleh karena itu, komunikasi sangat diperlukan dengan FKUB dan FPK agar situasi menjadi kondusif. Apalagi dekat-dekat pemilu,” jelasnya.

Selain itu, peran strategis dari FKUB dan FPK adalah perekat persatuan bangsa. Menciptakan ketentraman, ketertiban dan juga persatuan tidak bisa mengandalkan pemerintah saja. Keberadaan forum atau organisasi kemasyarakatan memang perlu diperhatikan. Pemerintah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berfungsi merangkul seluruh forum seperti FKUB dan FPK ini. “Terkait tugas dari FKUB tidak hanya megkomunikasikan antar umat beragama. Tetapi menyamakan pandangan kita bahwa NKRI harga mati. Didalamnya ada berbagai etnis, agama, adat budaya. Yang merupakan satu kekuatan bila kita bisa rangkul dan satukan,” ujar Lihadnyana.

Lihadnyana juga mengajak FKUB dan FPK untuk sama-sama memberikan ucapan pada hari-hari besar umat beragama di berbagai media. Ini sebagai bentuk rasa saling memiliki. Bukan hanya sebagai bentuk rasa saling menghormati. Dengan rasa saling memiliki tersebut, diharapkan bisa menjaga kerukunan dan keberlanjutan dari kerukunan tersebut. “Kita pelihara sehingga terus terjaga. Kita buatlah semacam itu. Dekat ini kan ada natal. Akan sangat bagus momennya. Tercipta suasana yang tidak hanya kondusif tapi nilai juga internalisasi di diri kita. Sehingga godaan dari luar tidak bisa merusak tatanan yang kita bangun. Harapan kita demikian,” ajaknya.

Baca Juga :
HUT PGRI ke-69, PGRI Miliki Gedung Baru

Pada audiensi kali ini, juga disampaikan bahwa Pemkab Buleleng melalui Badan Kesbangpol dan FPK yang menggandeng Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) meraih peringkat kedua tingkat nasional dalam lomba Festival Bernyanyi Vocal Grup Pelajar/Mahasiswa se-Indonesia. Menurut Kepala Badan Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono, lomba ini digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Lomba digelar dalam rangka memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI. “Kita bersama FPK dan menggandeng Undiksha telah berhasil meraih juara dua tingkat nasional. Tentu ini menjadi suatu kebanggaan tersendiri,” ungkap mantan Kepala Bagian Umum Setda Buleleng ini.

 

Sumber : Humas Pemkab Buleleng