Gatal Jangan Digaruk, Awas Scabies !

Metro Bali
single-image

 

Oleh : dr. Gst Ayu Vina Mery Giovani

 

Jika anda mengeluh gatal-gatal pada kulit terutama pada sela-sela jari, pantat ataupun ketiak, dan gatal lebih sering dirasakan pada malam hari, berhati-hatilah! Mungkin anda terkena infeksi scabies. Hal ini mungkin belum terdengar lumrah di kalangan masyarakat. Namun, apabila mendengar kata kudis, gudig, atau gatal agogo, mungkin kata-kata ini sudah terdengar akrab ditelinga. Scabies disebabkan oleh kutu atau tungau Sarcoptes scabiei, filum Arthopoda , kelas Arachnida, ordo Ackarina, superfamili Sarcoptes.

Tungau ini berbentuk kecil, oval, punggungnya cembung dan bagian perutnya rata. Tungau ini transient, berwarna putih kotor, dan tidak bermata. Ukurannya yang betina berkisar antara 330 – 450 mikron x 250 – 350 mikron, sedangkan yang jantan lebih kecil, yakni 200 – 240 mikron x 150 – 200 mikron. Bentuk dewasa mempunyai 4 pasang kaki, 2 pasang kaki di depan sebagai alat untuk melekat dan 2 pasang kaki kedua pada betina berakhir dengan rambut, sedangkan pada yang jantan pasangan kaki ketiga berakhir dengan rambut dan keempat berakhir dengan alat pereka.

Pada manusia infeksi disebabkan oleh oleh S. scabiei var homonis yang biasanya hidup di tempat lembab dan kotor dan biasanya menyerang manusia secara berkelompok, sehingga apabila salah satu anggota keluarga terkena infeksi ini, maka akan dapat menularkannya kepada anggota keluarga yang lain. Penyakit ini sangat erat kaitannya dengan kebersihan perseorangan dan lingkungan, atau apabila banyak orang yang tinggal secara bersama-sama di satu tempat yang relatif sempit. Infeksi ini juga sering ditemukan pada daerah-daerah pesantren, ataupun lingkungan yang kumuh dan padat penduduk.

 

Penyebaran

Scabies dapat ditularkan dari hewan ke manusia, manusia ke manusia atau manusia ke hewan. Infeksi scabies ini dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kulit seperti berjabat tangan, tidur bersama, ataupun hubungan sexual. Selain itu, pemakaian barang secara bersama-sama (baju, handuk, bantal, seprei, selimut) juga dapat menularkan infeksi pada orang lain. Tungau tersebut menginfeksi manusia dengan membuat terowongan di bawah kulit yang mengakibatkan rasa gatal. Rasa gatal yang dirasakan akan semakin parah di malam hari karena pada malam hari, tungau ini akan aktif bergerak untuk membuat terowongan dan menyimpan telur. Bagi anda yang gemar bertukar pakaian atau berbagi handuk dengan orang lain, disarankan untuk lebih waspada karena bisa saja anda terinfeksi scabies.

Selain gatal pada malam hari yang menyerang individu secara berkelompok, dapat juga ditemukan kelainan pada kulit berupa terowongan-terowongan di bawah lapisan kulit (kanalikuli), yang berbentuk lurus atau berkelok-kelok, berwarna putih atau keabu-abuan, rata-rata panjang 1 cm, pada ujung terowongan itu ditemukan papul atau vesikel. Kelainan tersebut biasanya ditemukan pada kulit dengan lapisan korneum yang tipis seperti sela-sela jari, pergelangan tangan, siku bagian luar, lipatan ketiak, pantat, dan pada bayi dapat mengenai telapak tangan dan kaki.

Terdapat berbagai macam manifestasi kelainan kulit akibat infeksi tungau ini. Scabies yang terjadi pada individu yang bersih, biasanya ditandai dengan adanya papul-papul kecil, dan seringkali terowongan sangat sulit ditemukan, sehingga seringkali terjadi misdiagnosis. Pada scabies yang telah mendapatkan pengobatan dengan kortikosteroid, terkadang gejala klinis telah membaik, namun masih dapat menularkan pada orang lain (Scabies Incognito). Pada scabies tipe Norwegia biasanya kelainan kulit yang timbul berupa krusta (keropeng), skuama (sisik-sisik halus) pada kulit. Pada scabies tipe nodularis biasanya didapatkan nodul coklat kemerahan yang gatal, terutama pada daerah tertutup seperti genitalia, lipatan ketiak, atau selangkangan. Sedangkan pada bayi dan anak-anak, scabies dapat mengenai seluruh tubuh., termasuk kepala, leher, telapak tangan dan kaki.

Pemeriksaan lanjutan biasanya dilakukan dengan menemukan  terowongan yang sedikit meninggi, berbentuk garis lurus atau berkelok-kelok, panjangnya beberapa millimeter sampai 1 cm dan pada ujungnya tampak papul atau vesikel. Akan tetapi penemuan ini biasanya agak sulit dengan banyaknya tipe scabies yang terkadang penampakannya pada kulit tidak terlalu khas. Dapat juga dilakukan pemeriksaan kerokan kulit secara mikroskopis untuk menemukan tungau tersebut.

 

Pencegahan dan Pengobatan

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti tersebut di atas, segeralah memeriksakan diri untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai. Pengobatan pada individu terinfeksi biasanya melibatkan pengobatan terhadap anggota keluarga lainnya, pasangan sexual, atau individu lain yang kontak erat dengan penderita, sebagai tindakan penting untuk memutus rantai penularan. Dengan demikian pengobatan scabies biasanya dilakukan secara massal agar mata rantai penularan dapat dibasmi secara tuntas.

Selain pengobatan, dapat dilakukan tindakan pencegahan agar terhindar dari scabies, seperti menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur, menjemur kasur, bantal dan seprei secara teratur serta menjaga lingkungan di dalam rumah agar tetap mendapat sinar matahari yang cukup, tidak lembab, dan selalu dalam keadaan bersih serta tidak bertukar pakaian, handuk atau alat mandi lainnya dengan orang lain.

Bagi anda yang sudah terinfeksi, hindari menggaruk daerah yang gatal, karena akan memperparah dan bisa menyebar ke area kulit yang lainnya. Disarankan untuk sering mencuci tangan, mandi dengan air hangat, jika gatal pada sela jari kaki atau tangan, disarankan untuk merendam dengan air hangat dua kali sehari. Pakaian yang telah dipakai hendaknya disimpan pada kresek atau sejenisnya, untuk mencegah penularan terhadap orang lain. Mengingat scabies merupakan salah satu penyakit yang menular, menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan langkah awal untuk terbebas dari scabies. Mari budayakan hidup bersih dan sehat! (***)

Bagikan :
Baca Juga :
Kapolda: Korban penikaman di Wamena pekerja bangunan Gereja Katolik
22 Comments
  1. Diagnosa apa yang paling tepat untuk mengidentifikasi penyakit kudis selain memakai mikroscope?

  2. Avatar
    afwan 8 years ago
    Reply

    obat apa yang efektif untuk penderita gatal2 karena scabies ?

  3. Avatar
    vear 8 years ago
    Reply

    obatnya apa dok?

  4. Avatar
    azieyzrachman 8 years ago
    Reply

    Obatnya apa dok ??
    Terima kasih.

  5. Avatar
    jason 8 years ago
    Reply

    Mandi bersih,kemudian Oleskan scabimite 30gr ke seluruh badan,habiskan 30gram rata seluruh badan dan sebelum tidur. Diamkan 10jam. Scabies sudah langsung mati. Namun gatal akan terasa seminggu

    • Avatar
      agung 7 years ago
      Reply

      mandi yg bersih

  6. Avatar
    jason 8 years ago
    Reply

    Ya benar, scabimite oleskan seluruh badan dr tengkuk ke ujung kaki, diamkan 12jam. Bilas hingga bersih. Selama 1-2minggu masih terasa gatalnya. Minum aerius pagihari, zyxal malam hari.

  7. Avatar
    victor 8 years ago
    Reply

    Di daerah kaki saya sering terasa gatal sekali, dan jika di garuk maka bekas garukan akan seperti luka melepuh dan menggelembung, di dalamnya ada seperti cairan. Dan jika pecah, bekas luka nya tidak bisa hilang persis seperti luka cacar air. Apakah ini termasuk scabies?

  8. Avatar
    jimmy 7 years ago
    Reply

    Dok 3 hari terakhir ini sy menderita gatal, dan anehnya gatal gatalnya pada malam hari. Seperti gigi tan nyamuk di seluruh badan. Apa obat nya dok??

  9. Avatar
    yuni 7 years ago
    Reply

    Anak saya sering terkena tungau di daerah kelamin, kadang jika bisa diambil tungaunya sembuh,tp kalo trlanjur masuk ke kulit jadi lecet2,diapain ya dok?

  10. rumahnya dimana saya mau periksa di rumah anda ?

  11. Avatar
    herlambang 7 years ago
    Reply

    Dok mau tanya saya sering klo malam atau siang gatal di kulit bagian dalam di jari tangan atau sekitar kaki dan jika terus di garuk kulit akan benjol tapi itu tidak setiap hari terkadang di saat dingin atau malam hari paling sering, jika boleh krn apa ya dok. Tks

  12. Avatar
    muhammad ghiyats 6 years ago
    Reply

    Assalamualaikum dok..
    Saya pesantren di daerah cikarang…
    Di pondok saya itu sedang virus scabies…
    Sulit sekali menghilangkannya..
    Sampai santri sempat di pulang kan untuk beberapa hari…
    Unuk pengobatan…
    Tetapi tidak ada perubahan yg segnifikan….
    Termasuk saya…
    Awal nya sya tdak kena.hnya gtal gatl biasa tetapi sudah lama tangan saya bernanah…v
    Penis saya juga mulai pada luka….
    Saya pernah memaja scabimite tapu itu tidak cocok untuk saya…
    Apa kah ada pengobatan yg lain dok…..
    Krena penyakir ini belajar,menghafal ,tidak konsentrasi dok… Slu garuk garuk…

    Terimakasih wassalamualaikum .

  13. Avatar
    dyah angeli 6 years ago
    Reply

    mau nanya ni dok akhir” ini saya merasakan gatal apalagi didaerah pantat dan perut sangking gatalnya saya garuk” setelah kemuudian pantat aku mengalami benjolan hingga duduk pun aku sakit disblh kanan pantatku kira” aku knp yah dok

  14. Avatar
    tasya 5 years ago
    Reply

    Mau nanya dok sela2 jari saya gatal2 udah sering di obati tapi ga sembuh2 gatalNya trus sela2 jari saya itu kering donk tekelupas gitu bintik2 c udh hilang tapi masih gatal banget…gatal saya ini usah hampir setahun ga sembuh juga mhon solusix dok

  15. Avatar
    syaharani 5 years ago
    Reply

    Kan saya punya kucing.. kucing saya itu terkena penyakit, setiap tidur selalu nyusul saya, tapi saya tidak tau penyakit itu apa.. dan sudah tiga hari ini saya gatal parah tapi tidak mengeluarkan nanah.. gatal ini setiap malam semakin para.. apa ini termasuk scabies dok?? Dan obatnya apa??

  16. Avatar
    Putra paramita 5 years ago
    Reply

    Subhanallah

  17. Avatar
    Putra paramita 5 years ago
    Reply

    Assalamualaikum.wr.wb.
    Buat sahabat2 semuanya, ini hanya sekedar info, jika ini bermanfaat silahkan dibaca. Scabies adalah penyakit yg disebabkan karena terinfeksi kutu dari hewan peliharaan, MENULAR melalui sentuhan langsung, seluruh keluarga bisa saling terinfeksi,umumnya sering terjadi pada anak2 pesantren, ciri khas terinfeksi kutu ini adalah banyaknya bintik2 merah disela2 jari, pantat, bawah ketiak,selangkangan dan bahkan alat kelamin kita,jika pada anak2 bisa terinfeksi disekujur tubuh.jika cuaca dingin gatalnya minta ampun😲!!! Bahkan karena terlalu kencengnya garuk2 bisa sampe lecet😠.
    Pengobatan :
    Langkah awal cuci seluruh pakaian, sprei, sarung bantal dan selimut yg kita gunakan sehari2 dengan cara mencuci dengan direndam air panas terlebih dahulu, kemudian diberi detergen dan dan dicuci seperti biasa lalu dijemur ditempat yg benar2 panas, setelah kering langsung disetrika, lakukan ini setiap hari selama gatal masih menyerang😵.
    Kedua mandilah dengan air hangat minimal 2x sehari dengan sabun yg ada Sulfur/belerangnya,diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat tsb.
    Ketiga oleskan salep scabimite/ fi khang suang / autan yg mengandung aloevera/lidah buaya(silahkan dipilih sesuai kondisi dompet).
    Oleskan tipis2 sambil ditekan secara merata kebagian yg gatal terutama malam hari, ingat jangan dibilas dengan air selama minimal 12 jam (estimasi pemakaian salep mulai jam 18:00 hingga jam 06:00 pagi.lalu ulangi lagi mandi dengan sabun sulfur dan air panas.
    Insya allah sembuh..😊
    Nb.lakukan hal tsb diatas setiap hari hingga gatalnya lenyap..
    Terimakasih
    Wassalam

  18. Avatar
    alya 5 years ago
    Reply

    gatal jangan digaruk, jerawat jangan dipencet, karena “semua yg enak2 itu diharamkan” haha. thanks

  19. Avatar
    Obat Jerawatan 5 years ago
    Reply

    habis gak kuat klo gak di garuk hehhe

  20. Avatar
    Nathan 4 years ago
    Reply

    Dok….
    Di areal kemaluan penis saya sering gatal dok. Jika digaruk semakin terasa enak. Tp stelah digaruk. Akan terasa perih. Ini gatal penyebabnya apa dok dan obatnya juga apa ya dok.

  21. Avatar
    Cao 4 years ago
    Reply

    Coba pake salep 88 di warung banyak
    Kalo ada tungau nya biasanya langsung gatal seperti di gigit tungau yang sd di dalam kulit dan agak panas

Leave a Comment

Your email address will not be published.

xnxxhd xxx18 hdxxxx xnxx hd