Klungkung, (Metrobali.com)
Dalam rangka mempercepat proses Implementasi Program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) agar pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah menjadi lebih efisien, transparan, serta akuntabel, dan pada akhirnya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Klungkung menggelar Rapat High Level Meeting TP2DD di Wyndham Tamansari Jivva Resort Bali (22/3). Rapat ini membahas Implementasi ETPD di Pemerintah Kabupaten Klungkung melalui Spirit Gema Santi.
Terkait implementasi ETPD, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan beberapa arahan. Sekretaris Daerah agar secepatnya mempersiapkan satu orang yang akan menangani implementasi Program ETPD termasuk berbagai jenis pendapatan. Petugas ini akan ditempatkan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD). Dinas Koperasi agar segera memaksimalkan penggunaan Qris pada transaksi pedagang di Pasar.
Bupati Suwirta juga menugaskan Tim Produk Hukum Pemkab Klungkung menindaklanjuti regulasi supaya pembayaran pajak oleh para pengusaha dapat langsung masuk ke kas daerah. Kemudian kepada OPD di lingkungan Pemkab Klungkung agar dapat menjadi contoh dalam implementasi digitalisasi.
Kepala Bank Indonesia  Kantor Perwakilan Bali Trisno Nugroho menyampaikan akan mendukung upaya yang akan dilakukan oleh Pemkab Klungkung dalam mengimplementasikan ETPD. Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Operasional BPD Bali Ida Bagus Setiyasa.
Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra, dan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Klungkung dan instansi terkait lainnya. (RED-MB)
Baca Juga :
Transaksi Dana BOS Non Tunai, Dikpora Gandeng BPKAD dan BPD Bali