Foto: Peluncuran 7 fokus area program kerja Rotary Club of Bali Bersinar “Berkarya untuk Bersyukur” di Desa Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Selasa 31 Mei 2022.

Gianyar (Metrobali.com)-

Rotary Club of Bali Bersinar meluncurkan 7 fokus area program kerja Rotary Club of Bali Bersinar “Berkarya untuk Bersyukur” di Desa Kenderan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, pada Selasa 31 Mei 2022.

Program ini diluncurkan langsung oleh Presiden Rotary Club of Bali Bersinar Dr. Anak Agung Ayu Ngurah Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H., bersama sejumlah pengurus. Acara juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU antara Rotary Club of Bali Bersinar dengan Desa Kenderan.

Eksekusi 7  fokus area program kerja Rotary Club of Bali Bersinar di Desa Kenderan ini bersinergi dengan Rotary Club Bali Buleleng Sakti, Rotaract of STIE Satya Dharma Singaraja, Interact SMP Nasional Denpasar, Interact SMK Teknologi Denpasar, serta Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali.

 

Adapun 7  fokus area program kerja Rotary Club of Bali Bersinar “Berkarya untuk Bersyukur” ini yakni, pertama adalah Areas of Focus Supporting Education atau Fokus Area Mendukung Pendidikan, ditandai launcing di 10 Banjar di Desa Kenderan dengan tematik “BALE” atau Banjar Literasi dan Edukasi.

Kedua, Areas of Focus Growing Local Economy atau Fokus Area Menumbuhkan Ekonomi Lokal dengan program Festival “PRANI”.

Ketiga, Areas of Focus Supporting Education Empowering Girls atau Fokus Area Mendukung Pendidikan Memberdayakan Perempuan melalui pemilihan 20 Duta “Sekar Nadi” atau Sekolah Karakter Calon Ayah dan Ibu”.

Kempat, Areas of Focus Supporting The Enviroment atau Fokus Area Mendukung Pelestarian Lingkungan melalui program “Eco Temple”.

Kelima, Areas of Focus Saving Mothers and Children and Areas of Focus Fighting Diseases atau Fokus Area Menyelematkan Ibu dan Anak serta Fokus Area Melawan Penyakit melalui program “PUSPEM RPPA” atau Puskesmas Pembantu Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Baca Juga :
Tim Opsnal Polsek Banjar Ciduk Gede Loleng Mencuri Perhiasan Dan Uang Tunai Di Rumah Korban Satu Kampung Di Gobleg

Keenam, Areas of Focus Providing Clean Water and Sanitation atau Fokus Area Menyediakan Air Bersih dan Sanitasi melalui program “Toilet Project”.

Ketujuh, Areas of Focus Promoting Peace atau Fokus Area Mempromosikan Perdamaian melalui program “Outbond Kemerdekaan.” Di akhir tahun 2022 juga akan dilaksanakan kegiatan Celebration Berkarya untuk Bersyukur.

 

Dalam peluncuran 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar dilaksanakan dua kegiatan utama yakni program “BALE” Banjar Literasi dan Edukasi Ekonomi dan Sosial Budaya bertajuk Empowering Girls “Sekar Nadi” melibatkan 10 pemuda pemudi di Banjar Kenderan, Desa Kenderan, Gianyar.

Kedua program “BALE” Banjar Literasi dan Edukasi Terapi Sehat Holistik di Banjar Tengah dan Banjar Triwangsa, Desa Kenderan, Gianyar serta program Terapi Tumbuh Kembang 10 balita.

Presiden Rotary Club of Bali Bersinar Dr. Anak Agung Ayu Ngurah Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H., mengungkapkan 7 fokus area program kerja Rotary Club of Bali Bersinar di Desa Kenderan ini akan diimplementasikan dan dikawal untuk lima tahun ke depan.

“Hari ini dari 7 fokus area kami launching fokus supporting education yang menjadikan 10 banjar di Desa Kenderan ini sebagai Banjar Literasi dan Edukasi serta untuk menguatkan banjar sebagai tempat berdiskusi dan melakukan pemberdayaan,” ujar Tini Gorda yang juga Ketua DPD Perempuan Indonesia Maju (PIM) Bali, Ketua KPRK Bali dan Direktur Eksekutif GTS Institute ini.

 

Ketua Project 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar Nyoman Hartini menambahkan 7 fokus area ini akan digarapan diimplementasikan bertahap satu persatu di Desa Kenderan dan tiap-tiap banjar akan ada fokus tertentu.

“Kami di Rotary melakukan pengabdian di masyarakat secara berkelanjutan. Dalam hal menggarap project kami di Rotary tentu harus mendapatkan data-data dulu yang kita kumpulkan dari pihak Desa Kenderan. Setiap mengeksekusi project akan ada penganggaran dan masukan dari bawah apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Setelah ada projectnya, Rotary ikut mencarikan pendampingan pendanaan untuk eksekusi project dan kita akan bawa ke Rotary dunia,” tutur Hartini.

Baca Juga :
Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Kabupaten Jembrana Gelar Loka Sabha ke-8

Agung Rosye selaku Assisten Governor, Rotary Distrik 3420 didampingi Wanda selaku Distrik Suport, Distrik 3420 juga mengungkapkan setiap Club Rotary diwajibkan punya program fokus area seperti fokus area untuk memberdayakan perempuan dan anak perempuan agar mendapatkan kesetaraan misalnya dilakukan dengan berbagai program pelatihan. Fokus ini pun diimplementasikan di Desa Kenderan.

Perbekel Desa Kenderan Dewa Gede Jaya Kusuma mengapresiasi peluncuran 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar yang akan dilaksanakan di Desa Kenderan selain membantu menyelesaikan berbagai persoalan di desa juga membantu mengangkat berbagai potensi ekonomi yang dimiliki Desa Kenderan.

Apresiasi dan dukungan juga disampaikan Ketua Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali Elsye Suryawan yang mendukung penuh 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar. Salah satu dukungan yang diberikan di bidang kesehatan melalui terapi kesehatan. Harapannya dari terapi dan edukasi kesehatan yang diberikan dapat mencegah berbagai penyakit, masyarakat Desa Kenderan bisa lebih sehat dan sejahtera.

“Kami dari YPK Bali dan Rotary Club of Bali Bersinar bersinergi untuk memberikan terapi holistik, sehat holistik kepada masyarakat di Desa Kenderan yang menyasar mulai dari anak-anak, dewasa dan lansia. Mereka yang mengalami gangguan fungsi tubuh bisa kita tangani. Untuk anak-anak terutama balita kita lakukan deteksi tumbuh kembang sehingga ketika ada gangguan sedikit sudah bisa dideteksi dari awal,” ungkap Elsye Suryawan.

Made Yos Kresnayana selaku perwakilan STIKES Buleleng juga memberikan dukungan terhadap peluncuran 7 area fokus program kerja Rotary Club of Bali Bersinar di Desa Kenderan ini.  Dukungan khususnya diberikan dalam implementasi Areas of Focus Saving Mothers and Children and Areas of Focus Fighting Diseases atau Fokus Area Menyelematkan Ibu dan Anak serta Fokus Area Melawan Penyakit melalui program “PUSPEM RPPA” atau Puskesmas Pembantu Ramah Perempuan dan Peduli Anak.

Baca Juga :
Pasien COVID-19 di Sulsel berbagi cerita kesembuhannya

Ada assesment Puskesmas Pembantu oleh STIKES Buleleng yang juga menjadi Charter Presiden Rotary of Bali Buleleng Sakti. Harapannya dapat meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan untuk masyarakat Desa Kenderan. (wid)