Mangupura (Metrobali.com)-

Terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan distribusi pendatapatan yang merata telah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Badung oleh karenanya untuk mendorong perekonomian masyarakat di Desa maka segenap potensi ekonomi yang ada akan senantiasa didorong guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga akhirnya Desa di Badung akan menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi.

Berkenaan dengan hal tersebut maka dalam upaya mensejahterakan masyarakat  Pemerintah akan  senantiasa memperhatikan ekonomi rakyat kecil diantaranya usaha dagang canang,  selain memberikan bantuan sarana dan prasarana pemerintah juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh SKPD terkait.  “Komitmen membantu usaha kecil ini sejalan dengan lima prinsip dasar pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Badung diantaranya pemerataan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat, penciptaan lapangan pekerjaan dan iklim usaha yang baik serta penanggulangan kemiskinan” demikian antara  lain diungkapkan Wakil Bupati Badung Drs I Ketut Sudikerta saat menyerahkan mesin pencacah Pandan di ruang pertemuan Kantor Kelurahan Kerobokan Kaja, Selasa (6/11).

Usaha mikro yang dibantu kali ini adalah kelompok usaha pengolahan pandan yakni Kelompok Pandan Wangi Muding Kaja dengan anggota 10 orang.  Kelompok tersebut diberikan bantuan berupa 10 mesin pencacah pandan yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta didampingi anggota DPRD Kab. Badung Wayan Puspa Negara, Kadis  Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan  I Ketut Karpiana, Camat Kuta Utara dan Lurah Kerobokan Kaja serta tokoh masyarakat Kerobokan Kaja.

Sementara itu Kadis Perindag I Ketut Karpiana megatakann bahwa  tujuan pemberian bantuan 10 alat pencacah pandan kepada kelompok Pandan Wangi adalah membantu usaha mikro sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kecil di Badung, melalui bantuan alat ini diharapkan agar mereka dapat berusaha lebih produktif dan efektif sehingga hasilnyapun akan lebih baik” katanya.

Baca Juga :
Pemkab Klungkung Siapkan Pungutan Retribusi Wisatawan, Bertahap Gelontor Dana Pembaikan Infrastruktur Nusa Penida

Dalam kesempatan tersebut Wabub Sudikerta juga memberikan bantuan dana kepada kelompok pandan wangi muding kaja sebesar Rp. 3 juta untuk dipergunakan membeli bahan baku diantaranya pandan, disela sela pemberian bantuan tersebut Sudikerta juga menekankan agar Alat yang diberikan hendaknya dapat dijaga dan pelihara sehingga dapat dipergunakan kesejahteraan masyarakat lebih luas, imbuhnya”. IKA-MB